Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Panther Kotak Makin Mahal, Kondisi Mulus Dilego Rp 135 Juta

Kompas.com - 22/06/2023, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Isuzu Panther, siapa yang tidak kenal akan mobil yang lekat dengan jargon "rajanya diesel." Saat ini Panther sudah setop produksi namun pesonanya masih cukup memikat penggemar otomotif.

Dalam postingan akun Instagram, Garasi Kos, terlihat menjual Panther generasi pertama dengan kondisi mulus. Melihat tampilannya seakan mengembalikan memori akhir tahun 1990'an di mana saat itu Panther sedang berada di puncak masa jaya.

Baca juga: Beli Ban Baru Model Tubeless, Perlukah Tambah Cairan Anti-Bocor?

"Kabar gembiranya sudah kita hadirkan Isuzu Panther Grand Royal keluaran tahun 2000 yang baru berjalan sebanyak 97.000 KM. Selain unit yang kita hadirkan berstatus tangan pertama dari baru, unit kita kali ini hadir dengan cat full original paint dan interior full original layaknya mobil baru dari dealer. Pokoknya bener bener bagus deh ibarat kamu masuk mesin waktu," tulis penjelasan postingan dikutip Kompas.com, Rabu (21/6/2023).

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 


Namun selain perawakannya, hal yang menarik dari postingan tersebut ialah harga yang ditawarkan. Garasi Kos memberikan banderol Rp 135 juta. Cukup mahal buat Panther keluaran tahun 2000 yang usianya kini 23 tahun.

Bryan dari Garasi Kos mengatakan, mahal atau tidaknya suatu barang tidak bisa dinilai hanya dari angka. Selain unitnya yang ekstra segar harga tersebut pantas sebab mewakili nilai sentimental.

"Kalau dibilang mahal itu relatif. Tapi kami lebih ke arah menghargai kondisi mobil yang mana seperti mesin waktu. Panther buat orang Indonesia, apakah itu pernah punya, atau pernah naik punya saudara, teman, pasti kita pernah coba mobil itu waktu dulu masih kecil," kata Bryan kepada Kompas.com, Rabu (21/6/2023).

Baca juga: Pemahaman Fitur Kendaraan Bakal Jadi Kurikulum Wajib Ujian SIM


Dalam postingan akun Instagram, Garasi Kos, terlihat menjual Panther generasi pertama dengan kondisi mulus. Foto: Tangkapan layar Dalam postingan akun Instagram, Garasi Kos, terlihat menjual Panther generasi pertama dengan kondisi mulus.

"Jadi itu mobil yang menurut saya legenda di Indonesia. Punya cerita buat kita semua. Makanya kalau ada yang kondisinya nyaris seperti dulu waktu saya kecil, ya seperti ini. Kalau beli Panther baru yang seperti itu. Jadi buat balikin masa kecil kita," kata Bryan.

"Mungkin lebih ke sentimental value yang orang tidak bisa beli," ujarnya.

Bryan mengatakan, mobil yang dia tawarkan dalam kondisi nyaris sempurna. Mulai dari eksterior dan interior masih asli seperti pertama kali keluar dari pabrik.

Odometer Panther Grand Royal keluaran tahun 2000 ini masih sekitar 97.000 Km. Menurut Bryan merupakan Panther yang dia jual merupakan generasi pertama namun edisi terakhir yang diproduksi. 


Dalam postingan akun Instagram, Garasi Kos, terlihat menjual Panther generasi pertama dengan kondisi mulus. Foto: Tangkapan layar Dalam postingan akun Instagram, Garasi Kos, terlihat menjual Panther generasi pertama dengan kondisi mulus.

"Untuk kondisi interior fabric (pelapis jok) masih asli, eksterior full original. Bahkan ada lecet-lecet sedikit yang memang kita diamkan. Biar tetap original memang seperti bagaimana seharusnya," ujar Bryan.

"Stiker di bagian ujung belakangnya juga masih asli," ujar Bryan.

Baca juga: Mercedes-Benz Indonesia Jawab Soal Mobil Listrik Terabas Banjir

Panther merupakan MPV bermesin diesel yang sukses di pasar Indonesia. Keunggulan mobil iyaitu punya kabin luas, mesin irit dan suku cadang murah. Namun karena regulasi emisi mobil terpaksa disuntik mati pada 2021.

Panther pertama kali hadir pada 1991 dan selama 30 tahun mengaspal di Indonesia punya beberapa generasi. Generasi pertama hadir 1991-1999 dengan kode TBR12/52 dan biasa disebut Panther Kotak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com