Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemahaman Fitur Kendaraan Bakal Jadi Kurikulum Wajib Ujian SIM

Kompas.com - 21/06/2023, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas), Polda Metro Jaya berencana menerapkan ‘teori pemahaman fitur kendaraan’ sebagai salah satu kurikulum wajib dalam tes tulis ujian SIM.

Brigjen Ery Nursatari, Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri menjelaskan, kendaraan lansiran terbaru, khususnya sepeda motor, sejatinya sudah mengusung banyak fitur dan teknologi canggih.

Fitur-fitur tersebut seharusna bisa sangat bermanfaat dalam menunjang kegiatan berkendara. Sayangnya, pemahaman masyarakat terkait cara menggunakannya dinilai masih kurang.

“Misalnya motor yang menggunakan TCS (Traction Control System) kan sekarang sudah banyak, tapi masih banyak ditemui pengendara yang tidak tahu cara pakainya,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Baca juga: Serah Terima Unit Mobil Listrik Murah ke Konsumen Pertama

Acara penyuluhan Keselamatan berkendara oleh Road Safety AssociationKOMPAS.com/daafa Acara penyuluhan Keselamatan berkendara oleh Road Safety Association

Ery mengatakan, akan dicanangkan regulasi baru yang secara khusus mengatur langkah ini. Menurutnya, edukasi yang diwajibkan bisa meningkatkan pemahaman pengendara, khususnya yang baru memiliki SIM.

Seiring dengan meningkatnya pemahaman konsumen terhadap cara pemanfaatan fitur-fitur keselamatan pada kendaraan, diharapkan angka kecelakaan juga akan menurun.

“Teknologi kendaraan semakin berkembang, jadi pengendara jangan sampai ketinggalan. Semakin paham (dengan fitur kendaraan) pastinya akan semakin aman” ucapnya.

Dia menambahkan, regulasi ini masih dalam tahap pematangan, namun harapannya, bisa segera diundangkan untuk melengkapi aturan pembuatan SIM yag baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com