Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Mercedes-Benz EQE di Tol JORR, Bawa Mobil Listrik Perlu Keahlian Khusus?

Kompas.com - 21/06/2023, 18:11 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik Mercedes-Benz EQE kecelakaan menabrak pembatas jalan di Tol JORR, Rabu (21/6/2023). Pengemudi mengatakan setir terasa tertarik ke kiri sehingga menghantam pembatas jalan.

Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana mengatakan, mengemudikan mobil listrik memang berbeda dengan mobil bensin, tapi bukan berarti perlu keterampilan khusus.

"Mobil listrik sama mobil bahan bakar sama saja, yang mengemudikannya yang sebetulnya bermasalah," kata Sony kepada Kompas.com, Rabu (21/6/2023).

Mercedes-Benz EQB merupakan gebrakan Mercy di pertengahan tahun 2023 yang merupakan mobil listrik SUV 7-penumpang. Foto: KOMPAS.com/Gilang Mercedes-Benz EQB merupakan gebrakan Mercy di pertengahan tahun 2023 yang merupakan mobil listrik SUV 7-penumpang.

"Kalau ini mobil sudah meluncur dan dijual ke umum artinya dia sudah siap dengan teknologinya. Masalahnya siapa di belakang pengemudi ini ialah yang tidak paham mobil listrik," kata Sony.

"Sehingga saat terjadi kecelakaan dia bilang setir narik ke kiri dan kanan, dia beropini seribu alasan untuk mencari simpati dan tidak bisa disalahkan," ujar Sony.

Pria yang berkecimpung di dunia safety driving sejak 1994 itu mengatakan, apapun mobilnya apalagi yang punya teknologi baru maka pengemudi wajib paham mobil yang dikemudikannya.

Sony mengatakan, mobil listrik memang punya torsi yang instan berbeda dengan mobil bensin biasa. Hal ini mesti dipahami pengemudi apalagi yang dikemudikan ialah Mercedes-Benz yang dikenal sebagai mobil yang nyaman.

Baca juga: Sampai Jumat Besok Ada Perbaikan Jalan Tol Cipularang

Mobil listrik Mercedes-Benz EQE 350+Dok. Mercedes-Benz AG Mobil listrik Mercedes-Benz EQE 350+

"Tapi ada plus minus, kita mesti memahami kendaraan tersebut, bagaimana caranya baca manual book, observasi, dan melakukan proses berkendara dengan teknologi canggih," kata Sony.

"Padahal mobil listrik tidak sesimpel itu padahal, kalau kita bawa mobil listrik lebih responsif, tenaga yang ada lebih spontan sehingga pengemudi mesti pantau speedometer-nya apalagi ini Mercy ada lubang dan speedbump tidak terasa," kata dia.

Di atas kertas, Mercedes-Benz EQE memiliki tenaga hingga 292 tk dan torsi berlimpah yaitu 565 Nm.

Catu daya pakai baterai berkapasitas 90 kWh dapat terisi dari 10-80 persen dengan waktu sekitar 10 jam menggunakan charging dengan tipe AC, dan 45 menit menggunakan fast charging.

Soal jarak tempuh, sedan listrik Mercy ini diklaim bisa menempuh jarak hingga 673 km. Sedangkan untuk harga, Mercedes-Benz EQE dibanderol Rp 2,215 miliar off the road.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com