Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Truk di Indonesia Naik Tipis, Truk Terbanyak Ada di Pulau Jawa

Kompas.com - 12/06/2023, 18:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan niaga atau mobil barang berkaitan erat dengan pertumbuhan perekonomian suatu negara.

Peran kendaraan niaga seperti truk atau pikap hampir tidak bisa lepas dari aktivitas logistik di Indonesia.Maka dari itu, jumlah dari kendaraan niaga akan alami perubahan mengikuti kondisi logistik di tanah air.

Sementara itu, berdasarkan data kendaraan per pulau yang diterbitkan oleh laman korlantas.polri.go.id, Juni (12/6/2023), total kepemilikan mobil barang secara nasional sebanyak 5.952.273 unit.

Baca juga: Perlukah Melakukan Engine Flush Tiap Mengganti Oli?

Angka tersebut naik tipis sekitar 0,29 persen jika dibandingkan dengan catatan pada Mei (12/5/2023) yang mana kepemilikan kendaraan niaga berjumlah 5.934.803 unit.

Jumlah kendaraan niaga yang tembus 5,9 juta unit tersebut hasil dari akumulasi dari kepemilikan mobil barang dari kedelapan pulau di Indonesia yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Papua, Maluku dan Maluku Utara.

Deretan mobil pikap Mitsubishi L300KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Deretan mobil pikap Mitsubishi L300

Dari data tersebut, Pulau Jawa masih menyumbang jumlah mobil barang terbanyak yaitu 2.948.554 unit. Artinya Pulau Jawa menyumbang 49 persen untuk total jumlah mobil barang secara nasional di bulan enam 2023.

Jika secara rinci, Jawa Timur menjadi wilayah dengan populasi mobil barang terbanyak di Pulau Jawa yaitu 775.162 unit. Lalu Jakarta menjadi wilayah dengan populasi mobil barang terbanyak kedua di Pulau Jawa yaitu 763.159 unit.

Baca juga: Sering Kejadian, Sopir Tak Sadar Mobilnya Mundur sampai Tabrak Mobil Lain

Selanjutnya, Sumatera menjadi pulau dengan jumlah mobil barang terbanyak kedua yaitu 1.553.828 unit. Artinya Pulau Sumatera berkontribusi sekitar 26 persen untuk total jumlah mobil barang secara nasional.

Pada pulau tersebut, Sumatera Selatan menjadi wilayah paling banyak menyumbang kepemilikan mobil barang dengan total 336.805 unit.

Di sisi lain, Pulau Maluku dan Maluku Utara menjadi wilayah paling sedikit jumlah mobil barang yaitu hanya 29.853 unit.

Adapun total kepemilikan kendaraan di Indonesia pada Juni 2023 secara keseluruhan yaitu 155.714.788 unit. Torehan tersebut berdasarkan hasil dari akumulasi jenis kendaraan dari tiap pulau yaitu mobil pribadi, bus, mobil barang, sepeda motor hingga kendaraan khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com