Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Indonesia Sukses Kibarkan Bendera Merah Putih di Sepang

Kompas.com - 12/06/2023, 17:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Umar Abdullah sukses membanggakan Indonesia usai menjuarai round-2 Malaysia Speed Festival (MSF) di Sirkuit Sepang, Selangor, pada Minggu (11/6/2023).

MSF merupakan kompetisi balap nasional dari Malaysia, serupa dengan Indonesia Sentul Sport of Motorsport (ISSOM) milik Indonesia. Ajang tersebut diikuti pebalap dari rumpun Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Pebalap asal Indonesia yang mengikuti kompetisi ini terbilang jarang, apalagi sampai menjuarai. Karena itu, prestasi Umar Abdullah yang menyabet podium 1 untuk kategori ultimate touring patut diacungi jempol.

“Ini pencapaian yang sangat baik, Alhamdulillah. Saya harap rekor juara ini bisa terus dipertahankan di balapan-balapan selanjutnya,” kata Umar saat dihubungi Kompas.com, Senin (12/6/2023).

Baca juga: Pilihan Baru Pelek Mobil Bergaya Retro

Honda Civic Type R FD2 milik Umar Abdullah yang berhasil menjuarai ajang balap Malaysia Speed Festival di SepangDok. Umar Abdullah Honda Civic Type R FD2 milik Umar Abdullah yang berhasil menjuarai ajang balap Malaysia Speed Festival di Sepang

Menggunakan Honda Civic Type R FD2 nomor 86 berbalut livery biru dan merah-putih, Umar sukses menjaga posisi 3 besar pada balapan half-track yang memiliki 20 putaran.

Pada 3 putaran terakhir, Umar bersaing ketat dengan pebalap asal Singapura, Justin Toh. Memasuki lap 19, Umar berhasil memanfaatkan celah dan menggaet posisi pertama.

“Persaingannya sengit bahkan sempat beberapa kali hampir adu bodi. Gap-nya sempit, tapi syukurlah bisa manfaatin celah di lap terakhir,” ujarnya.

Umar bercerita, kemenangan MSF yang diraihnya membutuhkan proses. Pada balapan-balapan terdahulu, dia mengaku sering menjumpai kendala.

Baca juga: Spesifikasi Harley Davidson CVO Street Glide dan Road Glide Terbaru

Honda Civic Type R FD2 milik Umar Abdullah (biru) berhasil menjuarai ajang balap Malaysia Speed Festival di SepangDok, Umar Abdullah Honda Civic Type R FD2 milik Umar Abdullah (biru) berhasil menjuarai ajang balap Malaysia Speed Festival di Sepang

“Dua sampai tiga balapan sebelumnya ada aja kendala, mulai dari shifter patah, masalah pengapian, dan lain-lain. Tapi alhamdulillah, balapan terakhir lancar banget,” kata dia.

Agenda selanjutnya, Umar akan melakoni MSF kategori ultimate touring full-track pada tanggal 30 Juli 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com