Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Bus AKAP PO Mahendra Transport, Pakai Kelir Hitam

Kompas.com - 12/06/2023, 08:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus(PO) Mahendra Transport Indonesia (MTI) secara resmi telah mengumumkan akan bersaing dalam pelayanan bus AKAP.

Hanya saja visual bus dari PO baru tersebut masih rahasia lantaran masih dalam tahap pengecatan. Namun, beberapa pengguna media sosial telah membocorkan foto bus PO MTI ke publik.

Misalnya dari unggahan di Instagram Karoseri K3 yang didapuk untuk mengubah bus bekas PO Sembodo.

Baca juga: Indonesia Drag Record Catat Ratusan Peserta, Ada Balapan Truk

Pada unggahan tersebut, nampaknya bus akan menggunakan kelir dasar hitam dengan aksen livery wayang seperti desain PO Haryanto.

Rian Mahendara, pemilik PO MTI, mengatakan, memang akan menggunakan kelir hitam kembali lantaran sudah menjadi ciri khas desain yang dia buat.

Bus eks PO Sembodo yang akan digunakan PO Mahendra TransportInstagram @rianmahendra83 Bus eks PO Sembodo yang akan digunakan PO Mahendra Transport

“Kenapa aku lebih suka pakai kelir hitam? Karena dulu (saat di PO Haryanto) aku pernah pakai kelir merah, kuning biru bahkan kuning, kita hampir pakai semua warna, tapi warna-warna itu gampang kusam,” kata Rian di pool bus MTI di bilangan Cawang, Jakarta Timur, Kamis (8/6/2023).

Menurutnya, bus AKAP dengan balutan warna hitam akan bertahan lebih lama secara visual. Apalagi, bus AKAP lebih sering di terminal dan juga melintasi berbagai jalan dengan jarak yang panjang. Sehingga bus tersebut jarang di poles kalau tidak pulang ke garasi PO.

Baca juga: Ketemu Bus Ugal-ugalan, Ini Pesan dari Sopir Bus AKAP

“Beda dengan bus pariwisata yang sering pulang ke garasi kalau sedang tidak dipakai, jadi maintenance (poles bus) lebih sering. Kalau bus AKAP jarang ada waktu untuk itu. Kalau warna lain (selain hitam) dalam waktu 5 bulan sudah pudar,” kata Rian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com