Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Drag Record Catat Ratusan Peserta, Ada Balapan Truk

Kompas.com - 11/06/2023, 20:16 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drag Race 2023 putaran ke-4 berlangsung dengan meriah, Minggu (11/6/2023) di Lapangan Udara Gading Wonosari, Yogyakarta

Hasil drag race hari ini, AP Speed berhasil memecahkan rekor dengan 7,44 detik. Tentu hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi tim dan berpeluang besar dapat nominasi juara Fastest Kelas Outlaw All Motor Honda.

Kejurnas kali ini ada 20 kelas, ditambah lagi 3 kelas yang wajib diikuti untuk perhitungan point yaitu kelas Bracket 9 detik Pro Street, Bracket 10 detik Super Street dan Brcaket 11 detik Street Legal.

Baca juga: Honda Civic Estilo Tenaga 260 HP, Unjuk Gigi di Kejurnas Drag Race

Kerjurnas Drag Race 2023 tim AP Speed dari JakartaKompas.com/Erwin Setiawan Kerjurnas Drag Race 2023 tim AP Speed dari Jakarta

Selain itu juga ada tambahan 3 kelas eksebisi yakni FFA Truk. Jenis ajang balap truk ini terbilang jarang dijumpai, sehingga menjadi daya tarik tersendiri buat pengunjung.

Pebalap AP Speed, Rian, mengatakan mobil yang dikendarai telah menemukan performa terbaiknya setelah beberapa pekan yang lalu sempat mengalami masalah.

“Kami melakukan ubahan pada sektor mesin dan lebar tapak ban, senang sekali hari ini bisa mencapai rekor terbaik saya dapat melibas trek sepanjang 201 m dalam 7,5 detik saja, dan yang terakhir 7,44 detik,” ucap Rian kepada Kompas.com, setelah menyelesaikan race.

Baca juga: Aksi Raffi Ahmad Geber Motor Drag Ninja 150 RR 2 Tak

Mesin Honda Integra B20 VTEC dipasang di Honda Civic EstiloKompas.com/Erwin Setiawan Mesin Honda Integra B20 VTEC dipasang di Honda Civic Estilo

Rian mengatakan dalam balapan tersebut dia tidak mengejar piala, namun memburu kecepatan terbaiknya. Itu sebabnya, tim AP Speed lebih fokus memodifikasi mobil sekencang mungkin.

Ajang balap kali ini juga diikuti oleh beberapa mobil diesel seperti Toyota Innova, Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner dan lain sebagainya. Sehingga, asap hitam menjadi pemandangan yang khas saat para pebalap memacu mobilnya secara bergantian.

Tidak kalah menarik, di akhir sesi juga ada ajang balap truk engkel dengan 3 kelas terpisah yakni truk engkel, double engkel dan double engkel SIM B1. Semua pebalap tampak menikmatinya.

Baca juga: Street Race Kemayoran Jadi Balap Drag Terbesar di Jakarta

Kejurnas drag race 2023 hadirkan balapan trukKompas.com/Erwin Setiawan Kejurnas drag race 2023 hadirkan balapan truk

Angga, salah satu Pebalap Truk Engkel mengatakan baru pertama kali mengikuti ajang balap tersebut berhubung lokasinya dekat dengan rumahnya.

“Truk yang saya bawa balapan sebenarnya hanya truk pasir biasa, tidak ada modifikasi dan sejenisnya, bahkan persiapannya juga hanya tune up, tapi senang saja bisa ikut meramaikan,” ucap Angga kepada Kompas.com, Minggu (11/6/2023).

Di sisi lain ada peserta yang sudah beberapa kali mengikuti balapan truk, seperti Yadi yang sudah melakukan persiapan dengan lebih matang.

Baca juga: Motor Sunmori Lawan Motor Drag di Ancol, Tertinggal Jauh!

Honda Civic Estilo di Kejurnas Drag Race 2023Kompas.com/Erwin Setiawan Honda Civic Estilo di Kejurnas Drag Race 2023

“Saya bawa truk Isuzu Elf NMR81 Euro4 dengan mesin common rail, sebenarnya mesinnya masih standar, hanya saja saya melakukan remap ECU, upgrade injektor dan persiapan yang lain, hasil sementara juara 3 dengan raihan 10,94 detik,” ucap Yadi kepada Kompas.com, Minggu (11/6/2023).

Sampai saat ini belum diumumkan secara resmi siapa-siapa yang mendapatkan gelar juara dalam tiap kelasnya. Namun, semua pebalap telah melakukan race dengan selamat dan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com