Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Italia 2023: Bagnaia Menang Mudah, Marquez Kecelakaan

Kompas.com - 11/06/2023, 19:44 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Italia 2023 yang digelar di Sirkuit Mugello berlangsung menegangkan. Seri keenam MotoGP 2023 ini berhasil dimenangkan oleh Francesco Bagnaia. Nasib sial kembali dialami Marc Marquez yang mengalami kecelakaan pada balapan yang berlangsung Minggu (11/6/2023).

Duo Pramac Ducati Jorge Martin dan Johann Zarco berhasil finis di posisi kedua dan ketiga. Sedangkan rider Mooney VR46, Luca Marini, ada di posisi empat dan menutup lima besar ada rider KTM, Brad Binder.

Tidak hanya Marc Marquez yang mengalami kecelakaan, adiknya Alex Marquez juga harus gagal finis setelah low side dan terjerembab ke gravel. Padahal keduanya, baik Marc ataupun Alex, sedang dalam posisi di grup depan mengejar podium.

Jalannya Balapan

Francesco Bagnaia yang memulai balapan dari pole position melakukan start yang kurang baik. Jack Miller yang start dari barisan di belakangnya malah memimpin masuk tikungan pertama.

Tapi, Bagnaia berhasil merebut posisi terdepan dan mulai membuka jarak. Sementara itu, Luca Marini bersaing ketat dengan Jorge Martin untuk memperebutkan posisi ketiga.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Marini bertahan di posisi keempat, sedangkan di belakangnya ada Marc Marquez yang menempel ketat. Masuk lap kedua, Martin berhasil menyalip Miller di trek lurus dengan memanfaatkan slipstream.

Bagnaia terus membuka jarak, begitu pula dengan Martin dengan barisan di belakangnya. Barisan ini yang diisi oleh Miller, Marini, Marquez, dan adiknya, Alex Marquez.

Pada lap kedua, Alex melaju terlalu cepat dan telat mengerem hingga membuat barisan cukup kacau. Hasilnya, Marini dan Marquez naik satu posisi. Sedangkan Miller, merosot ke posisi kelima.

Alex sempat menyenggol Miller, tapi dia beruntung tidak terjatuh. Pebalap Gresini Racing ini sementara masih bertahan di posisi keenam.

Memasuki lap keempat, Alex berhasil menyalip Miller. Sementara itu, jarak Martin dengan barisan kedua sudah terpaut hingga 1,3 detik.

Jauh di belakang, Marco Bezzecchi tertahan di posisi kesembilan. Secara berurutan, di belakangnya ada Aleix Espargaro, Franco Morbidelli, Enea Bastianini, dan Fabio Quartararo.

Memasuki lap keenam, Marini masih memimpin barisan kedua. Pebalap Mooney VR46 ini diikuti oleh Marquez bersaudara.

Sayangnya, di pertengahan lap tersebut Marc Marquez kembali terjatuh dan gagal menyelesaikan balapan. Baby Alien mengalami low side saat masuk ke tikungan 15. Marquez sendiri terlihat sangat kesal dengan kecelakaan yang dialaminya.

Kondisi tersebut menguntungkan Marini, karena jaraknya dengan Alex semakin jauh. Namun, jarak Marini dengan Martin yang ada di depannya juga cukup jauh, terpaut hingga 1,5 detik. Sementara itu, Bagnaia masih aman memimpin balapan dengan unggul 0,6 detik dari Martin.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com