Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Siapkan Motor Touring Ringkas, Tanda Tracer 300 Muncul

Kompas.com - 11/06/2023, 10:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan asal Jepang yakni Yamaha punya lini produk motor touring dengan nama Tracer. Motor petualang tersebut kabarnya sedang disiapkan versi yang lebih ringkas, pakai mesin lebih kecil.

Dikutip dari Greatbiker, media di Jepang ramai membicarakan kalau Yamaha sedang menyiapkan Tracer 300 dan 250 untuk beberapa negara. Motor tersebut dirancang untuk pengendara yang senang untuk bertualang.

Sebagai prediksi, versi Tracer 300 dan 250 ini akan menggunakan bahasa desain dari kakaknya yakni Tracer 700. Artinya model yang digunakan akan modern, bergaya petualang yang tangguh.

Baca juga: Motor Yamaha Bisa Minum Bioetanol, tapi...

Yamaha Tracer 700Foto: Istimewa Yamaha Tracer 700

Tapi tentu nanti akan ada penyesuaian, seperti penggunaan suspensi upside-down seperti model YZF-R3 dan MT-03. Jadi semakin menarik untuk ditunggu seperti apa modelnya.

Kemungkinan lain ada pada sektor mesin, seperti R3, Tracer 300 bisa saja memakai mesin yang sama. Jadi mesin dua silinder segaris dengan kapasitas 321cc akan disematan, tenaganya sekitar 42 TK dan torsi di 29,6 Nm.

Tapi tentu untuk motor petualang, bakal ada penyesuaian lagi. Kemungkinan karakter mesinnya akan diubah, tidak sporty layaknya R3 maupun MT-03, tenaganya mungkin menurun.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Italia 2023, Bagnaia Pole Position


Memang ini masih rumors, cuma menarik saja jika Yamaha turut bermain di segmen motor petualang yang ringkas. Mengingat, sampai saat ini Yamaha belum meramaikan segmen tersebut.

Kalau bicara motor petualang ringkas dengan mesin 250cc, saat ini ada KTM Adventure 250, Suzuki V-Strom 250, Kawasaki Versys 250, dan Honda CRF250 Rally.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com