Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Semua Gerbang Tol Otomatis, Masih Ada Petugas yang Input Golongan Kendaraan

Kompas.com - 07/06/2023, 14:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masuk atau keluar gerbang tol (GT) membutuhkan kartu tol atau uang elektronik. Terkadang, ada GT yang lama terbuka, meskipun kartu yang digunakan dalam kondisi baru atau saldonya masih mencukupi.

Tak jarang ketika hal itu terjadi, pemilik kartu tol berpikir kartunya yang bermasalah. Padahal, saldo yang dimiliki masih cukup untuk melakukan transaksi.

Baca juga: Awas, Kartu Tol Hilang Bisa Kena Denda Dua Kali Jarak Terjauh

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @1234s6.7, disebutkan bahwa tetap ada petugas yang berjaga sekalipun setiap GT saat ini sudah menggunakan kartu tol.

Unggahan pengguna TikTok yang menyebutkan tetap ada karyawan yang berjaga di tiap gerbang tol sekalipun sudah pakai kartu tolDok. @1234s6.7 Unggahan pengguna TikTok yang menyebutkan tetap ada karyawan yang berjaga di tiap gerbang tol sekalipun sudah pakai kartu tol

"Meskipun tol sudah pakai sistem kartu elektronik, tapi tetap kalau ada kendaraan masuk gerbang tol harus tekan manual golongan kendaraan," ujar pemilik akun yang bekerja di gerbang tol Cipali, dalam unggahannya.

Jadi, jika saat tap kartu tol tapi pintu tol lama terbuka, kemungkinan besar petugas yang berjaga belum melakukan input golongan kendaraan tersebut.

Baca juga: Kartu Tol Bermasalah atau Hilang Bisa Dikenakan Tarif 2 Kali?

Cara cek saldo e-toll dengan mudah melalui HP, ATM, atau panggilan dial. Dok. Stanly/KompasOtomotif Cara cek saldo e-toll dengan mudah melalui HP, ATM, atau panggilan dial.

Namun, berbeda untuk gerbang tol yang memang dikhususkan bagi kendaraan Golongan I. Input data sudah dilakukan secara otomatis.

Saat redaksi Kompas.com mengonfirmasi kepada PT Lintas Marga Sedaya (Astra Tol Cipali), belum ada jawaban terkait konten tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com