Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjil Genap di Puncak Bogor Bergulir sampai Minggu 4 Juni

Kompas.com - 02/06/2023, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Lalu lintas kendaraan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat terpantau ramai pada libur panjang yang dimulai pada Kamis (1/6/2023) sampai Minggu (4/6/2023).

Kepolisian Resor Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa ganjil-genap di jalur wisata Puncak untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

“Mulai sore ini kami terapkan sistem ganjil genap sampai hari Minggu,” ujar Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto, disitat dari NTMC Polri, Kamis (1/6/2023).

Baca juga: Pilih BMW Seken yang Cocok Buat Pemula, Harga di Bawah Rp 100 juta

Petugas kepolisian sedang melakukan pengaturan skema ganjil genap di kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Petugas kepolisian sedang melakukan pengaturan skema ganjil genap di kawasan wisata Puncak Bogor, Jawa Barat.

Ia mengatakan, penerapan rekayasa lalin di jalur Puncak Bogor berkaitan dengan libur Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni, dilanjutkan Hari Raya Waisak pada 3-4 Juni. Sehingga pemerintah memutuskan cuti bersama pada 2 Juni 2023.

“Sesuai Permenhub Nomor 84 Tahun 2021 sistem ganjil genap menuju kawasan wisata Puncak diberlakukan satu hari menjelang hari libur nasional,” ucap Ardian.

Ardian memprediksi puncak peningkatan volume kendaraan pada momentum libur panjang kali ini terjadi pada Jumat, 2 Juni 2023.

Baca juga: Mitsubishi Kasih Bocoran XFC Concept, Pakai Sistem Audio Yamaha

Namun, apabila terjadi peningkatan volume kendaraan secara signifikan, maka Kepolisian akan menerapkan rekayasa lalin berupa sistem satu arah secara bergantian di Jalur Puncak.

“Kemungkinan (kepadatan) mulai Jumat sore sampai malam, tapi kami masih melihat situasi. Apabila ada kepadatan kita terapkan one way,” kata Ardian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com