Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAMRI Layani 420.000 Penumpang di Musim Libur Lebaran 2023

Kompas.com - 28/04/2023, 19:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – DAMRI mencatatkan telah melayani sebanyak 423.674 penumpang dengan menempuh lebih dari 46.000 ritase selama menjadi angkutan Lebaran 2023.

Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri mengatakan, jumlah penumpang tersebut tercatat sejak periode H-10 Lebaran hingga H+3 Lebaran.

“Angka tersebut menunjukkan bahwa mobilitas masyarakat Indonesia selama Lebaran menggunakan transportasi darat bus masih tetap tinggi, baik itu untuk tujuan arus mudik dan arus balik, maupun untuk menghabiskan cuti Lebaran,” kata Zulfikri pada keterangan resmi, Jumat (28/4/2023).

Baca juga: Penanganan Pertama Saat Mesin Mobil Overheat di Perjalanan

Puncak arus mudik bersama DAMRI terjadi pada tanggal 18-20 April dengan sejumlah rute favorit.

Rute tersebut yakni dari Jakarta menuju Lampung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Wonosobo, rute dari dan menuju Lampung, hingga ke layanan batas negara Pontianak - Kuching.

Bus DAMRI. DOK. DAMRI Bus DAMRI.

Kemudian, beberapa wilayah dengan jumlah kepadatan penumpang tertinggi pada arus mudik di antaranya pemberangkatan dari Pool DAMRI Kemayoran dan Stasiun Gambir.

Sedangkan untuk arus balik terjadi pada pemberangkatan dari wilayah Surabaya, Lampung, Purwokerto, dan Wonosobo.

Baca juga: Perawatan Mobil Usai Dipakai Mudik, Jangan Lupa Rotasi Ban

DAMRI juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat yang telah dan hendak bepergian menggunakan moda transportasi darat DAMRI.

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dengan mengutamakan aspek keamanan, keselamatan, dan kenyamanan, sehingga perjalanan terasa aman dan berkesan,” kata Fikri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com