Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Libur Panjang, Kendaraan Keluar Jabotabek Diprediksi Meningkat

Kompas.com - 01/06/2023, 06:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi 907.376 unit kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek selama periode libur panjang Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak 2023, yang berlangsung pada periode 31 Mei-5 Juni 2023.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek diperkirakan naik 9,5 persen jika dibandingkan lalin normal (828.992 kendaraan).

Baca juga: Honda Brio Baru Sudah Dipesan 4.000 Unit, Tapi Masih Ada Inden

Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi naik mulai 5 Juni 2023.Dok. JMT Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi naik mulai 5 Juni 2023.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 410.337 kendaraan (45,2 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung).

Kemudian sebanyak 277.113 kendaraan (30,5 persen) menuju arah Barat (Merak), dan 219.926 kendaraan (24,2 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, mengatakan, proyeksi puncak lalu lintas tertinggi meninggalkan Jabotabek akan terjadi pada  Rabu, 31 Mei 2023, sebesar 179.102 kendaraan atau naik 11,6 persen terhadap lalin normal.

Baca juga: Aksi Pengemudi Mobil Hindari Ban Serep yang Lepas di Jalan Tol

“Melihat tingginya volume kendaraan yang akan meninggalkan wilayah Jabotabek tersebut, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal,” ujar Lisye, dalam keterangan resmi (31/5/2023).

“Terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang di antaranya Jalan Tol Jagorawi untuk kearah Puncak dan sekitarnya, serta Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk yang menuju arah Trans Jawa dan Bandung,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com