Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Stok Lama, Ini Cara Membaca Kode Produksi Aki

Kompas.com - 19/05/2023, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Kode produksi pasti disematkan di badan aki dengan tujuan tertentu oleh pabrikan. Terlepas apa tujuan sebenarnya, pengguna bisa memanfaatkan kode produksi itu untuk memilih aki.

Seperti yang diketahui, aki memiliki masa pakai yang tidak panjang hanya sekitar 2 tahun pemakaian. Kondisi tersebut juga berlaku untuk aki yang belum dipakai, namun reaksi kimia sudah terjadi di dalamnya.

Selain itu, kode produksi juga bisa digunakan untuk mencegah salah beli aki baru dengan yang rekondisi. Seperti yang diketahui ada oknum toko aki nakal yang menjual aki rekondisi dengan status baru.

Baca juga: Fakta Aki Rekondisi yang Beredar di Pasaran

Aki rekondisi merupakan aki bekas yang sudah soak, diperbaiki lalu dijualbelikan.Kompas.com/Erwin Setiawan Aki rekondisi merupakan aki bekas yang sudah soak, diperbaiki lalu dijualbelikan.

Pemilik One Aki Ceper Wawan mengatakan kode produksi aki bisa digunakan untuk mendeteksi usia aki saat membeli aki baru.

“Calon pembeli perlu melihat tahun produksi agar mendapatkan aki yang usianya belum terlalu tua atau stok lama, karena komponen ini masa pakainya tidak panjang, rata-rata hanya 2 tahun,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Jumat (19/5/2023).

Dengan mengetahui usia aki yang akan dibeli maka harapannya pembeli mendapatkan aki yang benar-benar baru. Dalam artian aki memang belum pernah dipakai, dan merupakan produksi baru.

Untuk cara membaca kode produksi aki, Wawan mengatakan masing-masing produsen memiliki kodenya masing-masing.

Baca juga: Agar Tidak Kena Tipu, Begini Ciri-ciri Aki Rekondisi

kode produksi aki GS Astra dilihat dari 4 digit pertama.Kompas.com/Erwin Setiawan kode produksi aki GS Astra dilihat dari 4 digit pertama.

“Untuk aki GS Astra, misal terdapat kode 1231A1M0496 itu artinya aki tersebut diproduksi tanggal 12, bulan 3 dan tahun 2021, melihat 4 digit dari depan,” ucap Wawan.

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal juga mengatakan kode produksi aki bisa dibaca untuk mencegah terjadinya penipuan aki rekondisi yang diklaim sebagai aki baru.

“Aki baru ya usianya maksimal 1 tahun sejak tanggal produksi, lebih dari itu ya perlu waspada, cara bacanya 2 digit pertama itu tanggal, digit ke-3 itu bulan dan yang ke-4 itu tahun, digit ke 5 shift, ke-6 line, ke-7 tempat produksi, dan 4 digit terakhir nomor urut produksi,” ucap Iqbal kepada Kompas.com, Jumat (19/5/2023).

Iqbal mengatakan, misal kode produksi aki tertera angka 2533C3K0479 itu artinya aki tersebut dibuat di tanggal 25 Maret 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com