Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MG Mau Pasang Cas Mobil Listrik di Semua Diler

Kompas.com - 20/05/2023, 10:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garage Motor Indonesia (MGMI) menjelaskan rencana memasang stasiun pengisian kendaraan listrik (SPKL) fast charging di semua diler resminya dalam waktu dekat.

Rencana ini dicanangkan untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan bagi para konsumen, sekaligus bentuk keseriusan dan keikutsertaan MG untuk mengembangkan pasar kendaraan listrik mereka di Indonesia serta mendukung program elektrifikasi pemerintah.

Arief Syarifuddin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia, mengatakan, rencana tersebut akan memunculkan kepercayaan lebih dari masyarakat, khususnya konsumen MG di masa mendatang.

“Bisa dianggap ini (rencana pemasangan SPKL) merupakan bentuk keseriusan sekaligus optimisme kami (MG) untuk menyongsong pasar EV di masa mendatang,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (19/5/2023).

Baca juga: Komitmen MG Masuk Pasar Elektrifikasi di Indonesia

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin mengatakan pemberian insentif kendaraan listrik merupakan bagian dari upaya pemerintah menekan emisi karbon dengan target net zero emission pada 2060 atau lebih cepat.PLN Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin mengatakan pemberian insentif kendaraan listrik merupakan bagian dari upaya pemerintah menekan emisi karbon dengan target net zero emission pada 2060 atau lebih cepat.

Dia menambahkan, satu tantangan yang dihadapi industri kendaraan listrik di Indonesia saat ini adalah penyediaan fasilitas dan infrastruktur pendukung. Hal ini menyangkut SPKL, baik itu yang umum (SPKLU) atau pribadi.

Menurutnya, sindikasi dan kerjasama yang berkelanjutan antara pelaku industri dan pemerintah sangat dibutuhkan untuk mengentaskan kendala ini.

“Masalah infrastruktur tentu harus diselesaikan sesegera mungkin. Tentunya, hal ini membutuhkan sinergi positif dari pihak pemerintah dan pelaku industri," ucapnya.

Arief menjelaskan, pemasangan SPKL di semua Diler MG rencananya akan dilakukan dalam waktu singkat. Hanya saja, dia belum memberikan tanggal pasti serta mungkin atau tidaknya stasiun pengisian tersebut digunakan mobil listrik merek lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com