Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komitmen MG Masuk Pasar Elektrifikasi di Indonesia

Kompas.com - 19/05/2023, 20:35 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garage Motor Indonesia (MGMI) mengaku siap mendukung program elektrifikasi pemerintah demi merealisasikan populasi kendaraan listrik dan mengurangi emisi karbon negara.

Arief Syarifuddin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia mengatakan, ada beberapa rencana yang akan dilakukan sebagai bentuk komitmen, salah satunya adalah melakukan sindikasi dengan lembaga-lembaga pemerintahan terkait.

Dia menjelaskan, MG sudah melakukan korespondensi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan merencanakan kerja sama.

Hanya saja, dia belum bisa menjelaskan detil dari kerja sama tersebut dan seperti apa konsepnya nanti.

Baca juga: FAST Kerjasama dengan MAB Suplai APAR Bus Listrik

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, memeriksa mobil listrik MG4 EV. 

Dok. MG Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, memeriksa mobil listrik MG4 EV.

“Kami (MG) sudah berdialog dengan PLN dan nantinya akan ada kerja sama, untuk detilnya masih nanti, insyaAllah diumumkan pada bulan Juni,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (19/5/2023).

Selain rencana kerja sama dengan PLN, MG juga sudah mempersiapkan agenda-agenda pribadi sebagai bukti komitmen mereka untuk mendukung program elektrifikasi.

Hal itu berupa rencana penyediaan stasiun pengisian kendaraan listrik (SPKL) di seluruh diler mereka, serta proyeksi perakitan komponen lokal untuk memenuhi standar tingkat kadungan dalam negeri (TKDN) sebesar 40 persen demi memperoleh insentif kendaraan listrik.

“Pastinya kami betul-betul serius dalam menyikapi pasar EV di Indonesia, dan utamanya, kami berfokus sepenuhnya untuk mendukung konsumen,” kata Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com