Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Jelaskan Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor

Kompas.com - 28/04/2023, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Lalu lintas kendaraan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, menjadi sorotan. Sebab, pada libur Lebaran lalu, jalur puncak macet parah hingga mengakibatkan antrean kendaraan yang panjang.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengeklaim, pada masa arus mudik dan balik hingga H+4 Lebaran 2023 ini tidak ada kemacetan berarti di wilayah Jawa Barat, kecuali membeludaknya kendaraan di jalur Puncak Bogor pada H+2 Lebaran, yang dilewati oleh ratusan ribu kendaraan.

Baca juga: Video Viral, Klarifikasi Pajero Sport yang Disenggol Panther

Imbas kepadatan lalu lintas menuju puncak, atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga berlakukan rekayasa pengalihan lalu lintas pada Selasa (25/4/2023).Dok. Jasa Marga Imbas kepadatan lalu lintas menuju puncak, atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga berlakukan rekayasa pengalihan lalu lintas pada Selasa (25/4/2023).

“Rata-rata kepadatan arus lalu lintas kendaraan tidak sampai satu jam. Jadi kepadatan yang terjadi bisa terurai, tidak sampai satu jam sudah bisa terurai kembali,” ujar Ibrahim dalam keterangan tertulis (27/4/2023).

Ia juga mengatakan, pihaknya telah menyiapkan cara bertindak, khususnya dalam mengurai kemacetan di Puncak Bogor.

“Tapi memang, kemarin sempat ada yang terjadi di Puncak, itu diakibatkan karena memang tingkat volume yang demikian tinggi,” ucap Ibrahim.

Baca juga: Pasutri Asal Indonesia Bawa Toyota Veloz Tembus Wilayah Dingin China, Suhu 3 Derajat Celsius

“Kapasitas Puncak itu kurang lebih 28.000 (kendaraan), tetapi dari hasil pemantauan itu ternyata sampai 160.000," kata dia.

Ibrahim menambahkan bahwa Polres Bogor dan Polres Cianjur sudah berkoordinasi untuk mengatasi masalah tersebut.

Menurut dia, cara bertindak yang telah dipersiapkan oleh masing-masing polisi kewilayahan membuat kepadatan ataupun kemacetan di Puncak Bogor bisa diurai.

“Secara umum alhamdulillah, kami simpulkan bahwa selama arus mudik tidak ada kemacetan yang berarti. Cuma memang ada di beberapa spot beberapa jalur, termasuk di tol atau arteri sempat terjadi kepadatan arus lalu lintas,” ujar Ibrahim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com