Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Rest Area Penuh, Lebih Baik Pemudik Istirahat di Exit Tol

Kompas.com - 19/04/2023, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada musim mudik Lebaran 2023, tercatat ada 117 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP/rest area) yang disiapkan pemerintah, khususnya di Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Meski begitu, ratusan rest area tersebut diprediksi bakal penuh dengan kendaraan ketika puncak arus mudik. Terbatasnya kapasitas rest area membuat sebagian pemudik harus mencari tempat istirahat lain.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyarankan, agar para pemudik bisa beristirahat di luar tol atau exit tol. Pilihan ini agar para pemudik tidak berhenti di bahu jalan saat rest area sudah penuh.

Baca juga: Hari Pertama Ganjil Genap Arus Mudik, Hanya Pelat Genap yang Bisa Melintas

Rest Area Ungaran mulai kedatangan pemudik dari luar kotaKOMPAS.com/Dian Ade Permana Rest Area Ungaran mulai kedatangan pemudik dari luar kota

"Tentunya kita juga informasikan setelah exit tol gimana masuknya kembali ke jalur tol," ujar Sigit, dalam keterangan tertulis (18/4/2023).

“Sehingga kemudian menjadi pilihan agar tidak ada pengguna jalan beristirahat di bahu jalan yang bisa membuat kemacetan dan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas," kata dia.

Sebagai informasi, polisi mencatat telah terjadi peningkatan jumlah kendaraan hingga 300 persen di gerbang tol (GT) Kalikangkung.

Baca juga: Dibuka Fungsional, Catat Jam Operasional Tol Cisumdawu

Pada saat normal, jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 10.000 per jam. Namun, saat ini sudah memasuki angka 30.000 kendaraan per jam.

"Diperkirakan akan mencapai puncaknya mungkin sekitar nanti malam dan besok. Tahun lalu di angka 60 ribu," ujar Sigit.

Kapolri menyampaikan, untuk mengurai kepadatan, sejak Selasa (18/4/2023) siang sudah diberlakukan sistem satu arah atau One Way mulai KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 GT Kalikangkung.

"Secara terpusat akan dikomandoi oleh Kakorlantas dan sistem One Way ini berakhir pukul 24.00 WIB," ucap Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com