Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Pakai Mobil Listrik, Ini 15 Lokasi SPKLU di Rest Area Jalan Tol

Kompas.com - 18/04/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendukung perjalanan pemudik yang menggunakan mobil listrik, PT PLN (Persero) telah menyiapkan sejumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Totalnya, PLN menyiapkan sebanyak 15 SPKLU yang tersebar di wilayah Sumatera dan Trans-Jawa, rute utama yang sering dilalui oleh para pemudik.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN, mengimbau masyarakat yang mudik menggunakan mobil listrik untuk tidak khawatir dengan ketesediaan stasiun pengisian listrik.

“PLN memastikan infrastruktur pendukung kendaraan listrik tersedia di jalur mudik, sehingga memudahkan pengguna mobil listrik yang mudik untuk melakukan pengisian daya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/4/2023).

Baca juga: Mitsubishi Mulai Produksi Minicab MiEV Tahun Depan

Daftar 616 SPKLU PLN yang disiapkan untuk MudikPLN Daftar 616 SPKLU PLN yang disiapkan untuk Mudik

Selain 15 SPKLU di rest area jalan tol, PLN juga telah menyiapkan total sebanyak 616 SPKLU yang tersebar di 237 lokasi di Indonesia yang bisa membantu pengguna kendaraan listrik.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk komitmen PLN dalam mendukung program elektrifikasi kendaraan oleh pemerintah dan mempermudah proses peralihan masyarakat menuju mobil listrik.

“Kami terus memperbanyak SPKLU untuk bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat beralih ke kendaraan listrik. PLN berkomitmen untuk mendukung ekosistem yang mumpuni dan andal bagi pengguna kendaraan listrik (EV) di Indonesia,” kata Darmawan.

Berikut adalah daftar 15 SPKLU di beberapa rest area jalan tol yang bisa digunakan pemudik. Sebagai informasi, pemudik juga bisa menemukan lokasi SPKLU dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile :

Baca juga: Catat, Ini Daftar 40 Bengkel Siaga Mitsubishi Selama Mudik Lebaran

PT PLN memastikan SPKLU di sepanjang jalur utama mudik 2023 siap melayani kebutuhan pengisian baterai atau charging cepat pengguna mobil listrik.ANTARA FOTO/Nova Wahyudi PT PLN memastikan SPKLU di sepanjang jalur utama mudik 2023 siap melayani kebutuhan pengisian baterai atau charging cepat pengguna mobil listrik.

TOL TRANS-JAWA

Rest Area Kilometer 519 A (Solo-Ngawi),

Rest Area KM 519 B (Ngawi-Solo),

Rest Area KM 389 B (Batang-Semarang),

Rest Area KM 379 A (Semarang-Batang),

Rest Area KM 626 B (Kertosono-Madiun),

Rest Area KM 207 A (Palikanci),

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com