Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi BBM Omoda 5 di Jalur Dalam Kota

Kompas.com - 14/04/2023, 16:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Omoda 5 menjadi jagoan Chery di segmen sport utility vehicle (SUV) crossover. Mobil ini tak hanya memiliki desain yang agresif namun juga fitur yang melimpah.

Di atas kertas, Omoda 5 dibekali dengan mesin 1.500 cc turbo dan transmisi CVT 9 percepatan yang mampu memproduksi tenaga 108 kW atau setara 145 tk torsi 230 Nm.

Redaksi pun diberi kesempatan untuk mengetes Omoda 5 selama beberapa hari. Pengujian dilakukan termasuk menghitung berapa konsumsi bahan bakar SUV crossover yang dibandrol dengan harga Rp 329,8 juta sampai Rp 399,8 juta ini.

Baca juga: Jalan-jalan Keliling Ibu Kota Pakai Chery Omoda 5

Untuk konsumsi bahan bakar yang diukur, meliputi rute dalam kota. Perhitungan menggunakan MID yang ada di instrument cluster dan diisi dengan bahan bakar RON 92.

Hasil uji konsumsi BBM Chery Omoda 5Kompas.com/Nanda Hasil uji konsumsi BBM Chery Omoda 5

Hasil konsumsi bahan bakar dalam kota, Omoda 5 mendapatkan angka 11,2 liter/100 km atau 8,9 kilometer per liter (kpl) setelah menempuh jarak 66,3 km dengan kecepatan rata-rata 17,6 kpj.

Kondisi jalan yang dilalui didominasi oleh macetnya jalan Ibu Kota pada jam pulang kerja dengan rute dari Jakarta Barat ke Selatan, lalu lanjut ke Jakarta Timur.

Baca juga: Jalan-jalan Keliling Ibu Kota Pakai Chery Omoda 5

Hasil konsumsi BBM itu tidak bisa dibilang irit, namun tidak juga boros. Pasalnya mobil ini dibekali dengan mesin turbo dengan kapasitas 1.500 cc.

Namun tentu saja angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan. Mengingat banyak faktor yang memengaruhi masalah konsumsi bahan bakar.

Mulai dari kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com