Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Main di Pantai Karang Tirta

Kompas.com - 14/04/2023, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Merapah Trans-Jawa 2023 tahun ini hadir dengan jalur yang berbeda yaitu menyusuri jalur pantai selatan Jawa atau Pansela, dengan banyak destinasi wisata menarik.

Pada etape kedua Tim Kompas.com mengunjungi salah satu pantai di wilayah Pangandaran bernama Pantai Karang Tirta. Garis pantainya cukup panjang dan yang menarik mobil boleh masuk ke bibir pantai.

Kesempatan ini tidak bisa disia-siakan karena merupakan salah satu habitat mobil berpenggerak 4x4 untuk bermain. Tak terkecuali unit Pajero Sport yang Kompas.com pakai dalam perjalanan.

Baca juga: Penyebab Kaki-kaki Mobil Bunyi Saat Melewati Jalan Rusak

Kompas.com mendapat kesempatan melihat lebih dekat ubahan pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 terbaru. SUV ini mendapat pembaruan di sisi eksterior dan interiorKompas.com/Stanly Ravel Kompas.com mendapat kesempatan melihat lebih dekat ubahan pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 terbaru. SUV ini mendapat pembaruan di sisi eksterior dan interior

Kompas.com pergi ke pantai pagi hari setelah pada malam hari kondisi gerimis (12/4/2023). Sehingga pada pagi hari (13/4/2023) kondisi pasir sebetulnya cukup padat namun mulai siang makin gembur.

Untuk menyusuri pantai, pengemudi bisa dengan mudah memilih penggerak hanya dengan memutar kenob di konsol tengah, pengemudi bisa memindahkan penggerak dari 2H, 4H, 4HLC dan 4LLc.

Mitsubishi menyebut fitur ini sebagai Super Select 4W LI. Untuk mengganti menjadi 4H (penggerak empat roda) pengemudi bisa melakukannya saat kendaraan bergerak. Mode penggerak lain (yang lebih rendah) dilakukan saat mobil dalam kondisi diam.

Secara keseluruhan tidak ada kendala berarti saat Pajero Sport melintasi pantai bahkan di beberapa titik pantai yang gembur. Memang mobil sempat terjerembab namun akhirnya bisa keluar dengan sendirinya.

Baca juga: Royal Enfield Siapkan Fasilitas Produksi Motor Listrik

Jajal Pajero Sport di Pantai Karang TirtaKompas.com Jajal Pajero Sport di Pantai Karang Tirta

Hadirnya penggerak 4x4 membuat Pajero Sport dengan mudahnya melewati beragam kontur pasir. Tim juga bersenang-senang dengan menekan tombol Traction Control di sisi kanan pengemudi.

Pengendalian Pajero Sport dan suspensi bekerja baik. Contohnya di Pantai Karang Tirta ada beberapa sampah bambu yang hanyut dari sungai. Pajero Sport mudah saja melewati sampah organik tersebut.

Hal tersebut juga tidak lepas dari jarak pijak tanah (ground clearence) Pajero Sport sebesar 218 mm memudahkan berkendara melewati berbagai medan jalan. Baik dari cekungan sampai gundukan pasir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com