Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran Naik Mobil, Lebih Aman Jalan Siang atau Malam?

Kompas.com - 10/04/2023, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persiapan mudik Lebaran cukup kompleks, tidak hanya perlu mempersiapkan dana, kesehatan badan, kendaraan tapi juga perlu memperhitungkan segala sesuatunya di jalan.

Termasuk mengatur strategi agar selama perjalanan menjadi aman dan lancar. Salah satu yang bisa menjadi pertimbangan adalah waktu perjalanan apakah siang atau malam.

Seperti yang diketahui, perjalanan di malam hari tentu kondisi jalan cenderung lebih sepi sehingga kemungkinan besar lalu lintas lancar. Tapi, kalau bicara soal keamanan, sebaiknya perjalanan siang atau malam ya?

Baca juga: Sebelum Mudik Lebaran Pakai Mobil, Cek Dulu Kondisi Air Wiper

Skema manajemen lalu lintas selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. Penerapan jalur satu arah, contra flow, dan ganjil genap selama mudik Lebaran.Dok. PT Jasa Marga Skema manajemen lalu lintas selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. Penerapan jalur satu arah, contra flow, dan ganjil genap selama mudik Lebaran.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan perjalanan siang atau malam hari tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya, tapi bila melihat sisi keamanan sebaiknya perjalanan dilakukan di siang hari.

“Perlu disesuaikan dengan kemampuan pengemudinya dan dilihat untung ruginya, idealnya ya jalan saat terang, karena lebih mudah minta pertolongan saat ada masalah di perjalanan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (9/4/2023).

Dia mengatakan kondisi jalan di siang hari lebih jelas, sehingga lebih aman bila dilakukan perjalanan.

Baca juga: Simak, Ini Rute dan Jadwal One Way saat Arus Mudik Lebaran

Astra Tol Cipali menyampaikan adanya peningkatan jumlah kendaraan selama Libur Nyepi, 22-23 Maret 2023. Tol Cipali dan Polresta Cirebon memprediksi arus mudik dan balik kembali meningkat di tahun 2023 mendatang.MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Astra Tol Cipali menyampaikan adanya peningkatan jumlah kendaraan selama Libur Nyepi, 22-23 Maret 2023. Tol Cipali dan Polresta Cirebon memprediksi arus mudik dan balik kembali meningkat di tahun 2023 mendatang.

“Secara visibilitas, terang memungkinkan dapat melihat banyak hal, sehingga perjalanan menjadi lebih aman, selain itu respons tubuh tubuh terhadap siang adalah waktu beraktifitas, jadi akan menjadi lebih siap bagi pengemudi,” ucap Sony.

Sedangkan malam sebaliknya, kondisi jalan gelap, aktivitas masyarakat sepi sehingga rawan terjadi tindak kriminal.

“Bila terjadi masalah di perjalanan malam hari, kita akan kesulitan minta pertolongan, karena kondisi jalan cenderung lebih sepi, dan perlu diwaspadai malam hari cenderung lebih banyak tindak kejahatan,” ucap Sony.

Baca juga: Fungsional Saat Mudik Lebaran, Jam Operasional Tol Cisumdawu Dibatasi

Dia mengatakan perjalanan di malam hari memang lebih nyaman karena tidak panas, jalanan sepi, dan sebagainya tapi sebaiknya perlu dipikirkan lagi.

“Lebih memanjakan mata karena tidak kena sinar matahari, paling mata perih karena menerima sorotan lampu dari kendaraan di depan, cabin lebih nyaman karena tidak panas, jalanan lebih sepi juga, tapi sebaiknya dipikirkan ulang jika ingin jalan di malam hari,” ucap Sony.

Jadi, meski kondisi jalan cenderung lebih lenggang, dan tidak panas ketika malam hari, perjalanan mudik sebaiknya dilakukan di siang hari yang lebih aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com