Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Mobil yang Harus Dicek Jauh-jauh Hari Sebelum Mudik

Kompas.com - 25/03/2023, 15:22 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Perjalanan mudik ke kampung halaman perlu dipersiapkan dengan baik. Mulai dari fisik, finansial, maupun kendaraan yang akan digunakan seperti mobil pribadi.

Pembangunan jalan tol yang sudah hampir menyeluruh akan membuat perjalanan jadi lebih cepat dan mudah, sehingga mobil menjadi salah satu armada yang cocok digunakan.

Demi menunjang keselamatan dan kelancaran perjalanan, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan pada mobil. Apa saja itu?

Baca juga: Penjualan SUV Bekas Menjelang Mudik Masih Sedikit

Pemudik mengantre di Pelabuhan Merak untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Jumat (23/12/2022).Antara Pemudik mengantre di Pelabuhan Merak untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Jumat (23/12/2022).

Foreman Kia Bintaro Muhammad Asrofi mengatakan, menjelang mudik perlu memperhatikan kendaran agar di perjalanan merasa aman, lancar, dan nyaman.

“Dalam aspek keamanan kita perlu memperhatikan hal-hal safety seperti sistem rem, kaki-kaki, dan fitur canggih lainnya seperti ABS, Airbags, dan sejenisnya, karena bagaimanapun perjalanan jauh yang terpenting adalah aman di perjalanan,” ucap Asrofi kepada Kompas.com, Jumat (24/3/2023).

Aspek keamanan lainnya, menurut Asrofi, adalah pada bagian mesin yang juga harus dijaga seperti sistem pelumasan mesin selaku darahnya mobil.

Baca juga: Sebanyak 1.994 Motor Terdaftar dalam Program Mudik Gratis 2023

Sensasi berkendara mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com Sensasi berkendara mobil listrik Toyota bZ4X

“Sistem pelumasan mesin tentu berperan sangat penting dalam hal melindungi mesin dari keausan selama perjalanan, jangan sampai di perjalanan mesin tidak memiliki pelumasan yang baik, itu bisa merusak mesin,” ucap Asrofi.

Menurut Asrofi, sistem pendingin mesin juga sangat penting untuk dipastikan bekerja dengan baik guna mencegah terjadinya panas berlebih selama perjalanan.

“Sistem pendingin mesin, mulai dari memperhatikan kualitas coolant, sistemnya bekerja baik atau tidak, mampu menjaga suhu mesin tetap stabil atau tidak, itu harus dipastikan agar perjalanan aman,” ucap Asrofi.

Baca juga: Program Servis Mudik dari Kia, Ada Diskon Jasa dan Sparepart

Ilustrasi berkendara di malam hariKompas.com/ApridaMegaNanda Ilustrasi berkendara di malam hari

Begitu juga dengan sistem penerangan menjadi aspek wajib yang harus dipastikan bekerja dengan baik karena berguna di perjalanan malam hari.

Asrofi menyarankan pemilik mobil untuk memastikan semua lampu bekerja dengan baik. Tak kalah penting sistem AC mobil guna meningkatkan kenyamanan pengendara dan penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com