Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siap Luncurkan Mobil Hybrid Baru Buatan Lokal

Kompas.com - 10/04/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota menyatakan bahwa sebuah mobil hybrid baru siap meluncur tahun ini. Menariknya, produk tersebut bakal diproduksi lokal di Indonesia.

Artinya, portofolio elektrifikasi pabrikan bakal bertambah. Sebelumnya baru ada Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang diproduksi Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, Jawa Barat yang berstatus elektrifikasi.

"Akan ada lagi model hybrid produksi lokal tahun ini, pokoknya tunggu saja," ujar Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, di Bali pada pekan lalu.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Aki Kering atau Aki Basah?

Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat. Toyota/TMMIN Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Anton tidak menjelaskan detail terkait model baru tersebut. Namun, Toyota memang tengah fokus memperkenalkan sejumlah mobil elektrifikasi di pasar dalam negeri.

“Corolla Cross (GR Sport) baru kemarin di IIMS, kemudian RAV4 PHEV. Tapi nanti akan ada lagi tambahannya. Tunggu saja, pokoknya tahun ini kita akan informasikan," ucap Anton.

Sebelumnya, CEO Asia Region Deputy Chief Officer, Sales Financial Business Group, Toyota Motor Corporation Hao Quo Tien, pernah mengatakan Toyota sedang menyiapkan produk hybrid terbaru di segmen B.

Baca juga: Dishub DKI Bakal Tutup 32 Titik Putar Balik di Jakarta, Ini Daftarnya

"Kami bekerja keras untuk membawa banyak model hybrid di pasar kendaraan B segmen, khususnya untuk menjadikan jalan bagi Indonesia menuju era elektrifikasi," ujar Hao beberapa waktu lalu di Thailand.

Melihat jajaran produk Toyota saat ini, kemungkinan kendaraan segmen B yang dimaksud bisa jadi adalah Toyota Veloz Hybrid atau SUV model lainnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, memastikan bahwa pada masa mendatang TMMIN akan menambah model hibrida rakitan lokal.

"Tentu saja, itu sudah pasti kita akan menambah model hibrida untuk diproduksi di Indonesia. Sesuai dengan pernyataan Hao tahun lalu di Thailand," kata Warih kepada Kompas.com di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Februari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com