Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda ASEAN NCAP dan Euro NCAP, Ada Tes Keamanan Motor

Kompas.com - 20/03/2023, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Beda wilayah beda badan penguji tes tabrak. Untuk Eropa ada Euro NCAP, sedangkan untuk wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia, dipegang oleh ASEAN NCAP.

Alasan wilayah dan benuanya berbeda mobil yang diuji pun tidak sama. Sehingga parameter pengujian juga bisa berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di wilayah tersebut.

Baca juga: Mayoritas ASEAN NCAP Beli Sendiri Mobil yang Akan Dites

Adrianto Sugiarto Wiyono, ASEAN NCAP Technical Committee, mengatakan, setidaknya ada dua perbedaan antara ASEAN NCAP dan Euro NCAP. Pada ASEAN NCAP belum ada tes terguling dan ada tes khusus sepeda motor.

Pengemudi sepeda motor tewas di tempat usai terlibat kecelakaan dengan bajaj di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (27/3/2022).Dok. TMC Polda Metro Pengemudi sepeda motor tewas di tempat usai terlibat kecelakaan dengan bajaj di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (27/3/2022).

"Kendaraan ada tes terguling itu masih memungkinkan. Tapi selama ini untuk ASEAN NCAP belum. Tapi yang berbeda ASEAN NCAP dengan Euro NCAP ialah kita punya untuk sepeda motor," kata Rian di acara Vehicle Safety Course 2023/006, di Politeknik APP, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

"Jadi ini yang mau ditunjukkan. Bahkan kalau dilihat spanduknya (ASEAN NCAP) sampai ada sepeda motor," ujar Rian.

Rian mengatakan, meski ada tes untuk motor sampai saat ini ASEAN NCAP belum mengetes motor. Namun ke depan akan dibuat karena populasi sepeda motor di Asia Tenggara sangat tinggi.

Baca juga: Estimasi Biaya Servis Power Sliding Door Mobil

All New Honda HR-V dapat bintang lima ASEAN NCAPDok. HPM All New Honda HR-V dapat bintang lima ASEAN NCAP

"Ada dua mobil dan motor. Motor ini belum ada sama sekali, ini dalam proses. Yang ada ialah MyMap atau Malaysian Motorcycles Assesment Program (program penilaian dalam negeri Malaysia)," kata Rian.

"MyMap ini dalam pengembangan ini seperti ASEAN NCAP di awal-awal, jadi tidak ada crast test tidak ada uji kencaraan yang dilakukan ialah menilai spesifikasi kemudian proses produksi. Ada empat pilar empat area," kata dia.

Rian mengatakan prosesnya mungkin masih lama. Adapun MyMap di Malaysia baru melakukan sekitar tiga unit motor.

Baca juga: Tes Tabrak ASEAN NCAP Mobil Kondisi Mesin Mati dan Bensin Diganti Air

Ilustrasi Honda Vario 160 di IIMS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Honda Vario 160 di IIMS 2022

Saat ini kata Rian dia mencoba menganalisa sendiri mengenai fitur-fitur keselamatan yang ada di motor. Karena belum ada tes resmi, dia menggunakan brosur untuk melihat sejauh mana kelengkapan fitur keselamatan.

"Yang saya uji karena keterbatasan ialah saya lihat brosur, dengan brosur seperti ini ceritanya si pabrikan mewakili mau cerita tidak soal keselamatan," kata Rian.

"Mohon maaf kadang saya tahu kendaraan tersebut ada fitur keselamatannya tapi tidak disebut dalam brosur. Itu ada. Contoh ialah relektor itu sebetulnya fitur keselamatan tapi tidak diceritakan," kata Rian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com