Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Versi PHEV, Toyota Belum Tertarik Boyong RAV4 GR Sport Bensin

Kompas.com - 14/03/2023, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA KOMPAS.com - Toyota RAV4 GR Sport PHEV tebar pesona di Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023. Sesuai namanya Sport Utility Vehicle (SUV) baru ini dibekali teknologi Plug-In Hybrid (PHEV).

RAV4 GR Sport PHEV merupakan salah satu strategi Multi-Pathway Toyota untuk mencapai karbon netral di masa depan. Mobil ini mengombinasikan mesin bensin dan motor listrik, tetapi bisa mengecas baterai.

Baca juga: 6 Tip Berkendara Hemat BBM, mulai dari Cermat Gunakan AC hingga Pilih Asuransi Tepat

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan, kalau saat ini pihaknya belum terpikir untuk memasukkan RAV4 GR Sport versi biasa atau bermesin bensin.

Toyota RAV4 GR Sport PHEVTAM Toyota RAV4 GR Sport PHEV

"Saat ini kita belum ada rencana sebab kami masukkan RAV4 PHEV ini untuk yang model elektrifikasi," kata Anton aat peresmian harga All New Agya di Jakarta Converntion Center, di Jakarta, pekan lalu.

Anton mengatakan, saat ini RAV4 GR Sport PHEV sedang tahap homologasi. Patokan harga paling cepat keluar Mei 2023. Namun dipastikan harganya berada di atas Innova Zenix Hybrid.

"Karena harganya belum final jadi saya belum bisa bicara, tapi yang pasti di atas Innova Zenix," kata dia.

"RAV4 ini modelnya juga banyak di seluruh dunia, kebetulan kami memilih yang PHEV dan juga GR jadi top of the line, jadi tidak mungkin kami posisikan sama dengan Zenix pasti di atasnya," kata Anton.

Baca juga: Ayla dan Agya, Serupa tapi Tak Sama

Toyota RAV4Kompas.com/Ruly Toyota RAV4

RAV4 GR Sport PHEV merupakan mobil Plug-In Hybrid kedua Toyota di Indonesia setelah Prius PHEV. Namun saat nanti meluncur, mobil ini merupakan mobil PHEV pertama Toyota yang dijual retail.

Sebelumnya Prius PHEV meluncur Maret 2020, dan dijual dalam jumlah terbatas dengan skema by order, dengan banderol Rp 884 juta on the road (OTR) Jakarta.

RAV4 GR Sport PHEV dibekali mesin bensin 2.5 liter yang dipadukan dengan sistem AWD-i Toyota. Untuk varian PHEV ini menawarkan tenaga gabungan sebesar 302 Tk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com