Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napak Tilas, PPMKI DKI Jakarta Touring Jakarta-Palembang

Kompas.com - 13/03/2023, 19:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Pengemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) DKI Jakarta, melakukan touring Jakarta-Palembang pada 10-12 Maret 2023, melibatkan 16 kendaraan dan berisikan hampir 50 personel.

Touring kali ini bertema Napak Tilas mengenang perjalanan PPMKI, sekaligus merupakan touring kedua PPMKI DKI Jakarta setelah pada akhir Januari melakukan touring singkat Jakarta-Cirebon.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap All New Agya GR Sport

Sie Kegiatan PPMKI Pengprov DKI, Ronal, menuturkan bahwa 40 tahun yang silam pada 1983. Tiga tahun setelah berdirinya PPMKI pada 1979, touring pertama PPMKI ke luar pulau Jawa adalah menuju Palembang, Sumatera Selatan.

PPMKI DKI Jakarta, melakukan touring dari Jakarta-Palembang pada 10-12 Maret 2023.Foto: PPMKI PPMKI DKI Jakarta, melakukan touring dari Jakarta-Palembang pada 10-12 Maret 2023.

"Inilah yang menjadi alasan pengurus pengprov DKI dalam kesempatan ini bernostalgia melakukan acara ini," kata Ronal dalam keterangan resmi, Senin (13/3/2023).

Robby Djojo mantan Ketua Umum dan Ketua pengprov DKI periode-periode lalu, yang ikut dalam touring kali banyak menceritakan pengalaman sewaktu ikut di acara waktu itu.

"Jalan dan infrastruktur pada saat ini sudah jauh lebih baik, namun tantangan perjalanan tidak banyak berbeda dengan 40 tahun yang lalu. Dan yang lebih penting, keguyuban dan semangat persahabatan antar anggota peserta touring tetap terus terjaga," kata dia.

Acara dimulai dengan kumpul di Rest Area Tangerang KM 13. Setelah berkumpul para peserta kemudian menuju Pelabuhan Merak untuk menumpang kapal feri pagi menyebrang ke pulau Sumatera.

Baca juga: Honda Siapkan Motor Super Naked CB1000R Hornet, Tenaga Tembus 190 TK

Touring pertama PPMKI ke luar pulau Jawa adalah menuju Palembang, Sumatera Selatan pada 1983.Foto: PPMKI Touring pertama PPMKI ke luar pulau Jawa adalah menuju Palembang, Sumatera Selatan pada 1983.

Diselingi hujan deras, konvoi berlanjut mengejar waktu sholat Jumat dan bertemu dengan anggota dari Lampung di Rest Area KM 87. Setelah mengisi perut, rombongan yang kini bertambah dan beriringan menuju kota Palembang.

Saat matahari terbenam, sebagian besar peserta sudah tiba di. Beberapa mobil tiba lebih larut karena ada beberapa kendala sepanjang perjalanan namun bisa teratasi.

Keesokan harinya, usai sarapan di hotel, rombongan berangkat menuju Bonn Cafe untuk menikmati hidangan khas Sumsel yaitu tekwan dan pempek beserta kopi.

Baca juga: Perbedaan Desain All New Agya dan Agya GR Sport

Perhimpunan Pengemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) DKI Jakarta, melakukan touring jarak pendek berjudul ?Touring Wisata Awal Tahun PPMKI DKI dari Jakarta-Cirebon, pada  28?29 Januari 2023. Foto: PPMKI Perhimpunan Pengemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) DKI Jakarta, melakukan touring jarak pendek berjudul ?Touring Wisata Awal Tahun PPMKI DKI dari Jakarta-Cirebon, pada 28?29 Januari 2023.

Acara kemudian dilanjut ke parkiran dermaga Riverside Resto untuk wisata sungai Musi. Terlambat sedikit karena cuaca, peserta baru masuk Kapal Jukung pukul 14:00 WIB untuk menuju lokasi wisata yaitu Rumah Ong, Pulau Kemaro dan Kampung Kapitan.

Acara puncak diadakan di Riverside Resto dengan makan malam berlatar belakang Jembatan Ampera, dimeriahkan dengan pembagian door prize dan bakti sosial kepada Yayasan Pundi Amal Abadi Indonesia.

Esoknya Minggu (12/3/2023) selepas sarapan di hotel, hampir seluruh kendaraan berangkat menuju Pelabuhan penyebrangan Bakauheni mengejar penyebrangan sore. Peserta sampai rumah sekitar tengah malam dengan kondisi utuh dan senang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com