Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Mesin Baru, Suzuki S-Presso Diklaim Irit BBM

Kompas.com - 14/03/2023, 08:12 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki S-Presso terbaru yang resmi diluncurkan di ajang IIMS 2023 pada Februari lalu banyak mengalami ubahan, termasuk sektor jantung pacu. Berkat penyegaran di bagian mesin, city car andalan Suzuki itu diklaim bisa lebih hemat konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, bahwa Suzuki memberikan peningkatan di sektor dapur pacu dengan menggunakan mesin baru berkode K10C.

Meski kapasitasnya masih sama, yakni 1.000 cc, namun diklaim lebih ramah lingkungan serta efisien. Jantung pacu tersebut mampu menghasilkan daya 49 kW atau sekitar 66 tk pada 5.500 rpm dan torsi 89 Nm di putaran 3.500 rpm.

Baca juga: Suzuki Grand Vitara Ditarget Terjual 400 Unit per Bulan

 

Tenaganya disalurkan dari transmisi manual lima percepatan dan AGS. Bahkan, guna menambah keiritan bahan bakar, Suzuki juga mengaplikasi fitur engine auto start-stop pada, baik untuk S-Presso AGS atau manual yang berguna untuk mengurangi penggunaan bahan bakar ketika mobil sedang dalam kondisi berhenti, seperti di jalan macet atau menunggu lampu lalu lintas.

Suzuki S-Presso facelift di IIMS 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki S-Presso facelift di IIMS 2023

"S-Presso sukses menjadi bintan entry level dari Suzuki pada 2022 dan menjadi semangat untuk memberikan pembaruan yang lebih baik bagi calon konsumen baru di awal 2023 ini," ujar Donny kepada KOMPAS.com belum lama ini di Jakarta.

Selain itu, city car termurah asal India ini juga sudah dibekali dengan electronic stability program (ESP) guna menjaga kestabilan berkendara saat melintasi jalan licin.

Tak hanya itu, ada juga hill hold control yang mampu menahan posisi kendaraan sesaat ketika sedang melewati tanjakan dari kondisi diam. Fitur ini tersedia untuk versi matik atau auto gear shift (AGS).

Menariknya lagi, kini sudah dibekali ISOFIX untuk baby car seat, dan dari segi hiburan, head unit layar sentuh 7 inci baru sudah disematkan lengkap dengan audio steering switch di gagang kemudi yang bisa terkoneksi dengan ponsel melalui smartphone linkage.

Terakhir menyoal harga, S-Presso dijual dengan harga Rp168,3 juta untuk varian MT dan Rp178,3 juta bakal model AGS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com