Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Rp 70 Juta Mau Beli SUV Bekas, Simak Pilihannya

Kompas.com - 06/03/2023, 15:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas di segmen sport utility vehicle (SUV) masih banyak dijadikan incaran masyarakat di perkotaan. Apalagi, dengan kondisi musim hujan belakangan ini.

Intensitas hujan yang tinggi kerap membuat beberapa titik di DKI Jakarta atau kota besar lainnya menjadi banjir. Selain itu, tak jarang permukaan jalan menjadi rusak.

Baca juga: Menjaga Bodi Mobil Bekas supaya Tetap Kinclong

Melihat kondisi tersebut, mobil di segmen SUV dinilai paling tepat untuk digunakan. Sebab, mobil ini memiliki jarak terendah ke tanah yang cukup tinggi dibandingkan sedan atau multi purpose vehicle (MPV).

Kondisi mobil Suzuki Grand Vitara yang parkir di Bandara Adi Soemarmo lebih dari enam bulan. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai lebih dari Rp 10 juta.KOMPAS.COM/Ari Purnomo Kondisi mobil Suzuki Grand Vitara yang parkir di Bandara Adi Soemarmo lebih dari enam bulan. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai lebih dari Rp 10 juta.

Berdasarkan pantauan Kompas.com dari beberapa situs jual beli online, Senin (6/3/2023), pilihan SUV dengan banderol di bawah Rp 70 juta masih sangat beragam. Namun, perlu diingat, rata-rata yang dipasarkan mobil dengan produksi tahun tua kisaran 2000-2008.

Sehingga, konsumen juga harus menyiapkan dana tambahan jika mobil tersebut membutuhkan biaya perbaikan, baik pada bagian bodi, mesin, kelistrikan, maupun kaki-kakinya.

Baca juga: Honda Hadirkan Layanan Mobil Bekas Bersertifikat

Untuk itu, penting untuk teliti dalam mengeceknya ketika membeli. Disarankan untuk mengajak mekanik kepercayaan atau kawan yang paham, untuk membantu melakukan pengecekan kondisi mobil. Sehingga, tidak menyesal di kemudian hari.

Ilustrasi Daihatsu Taruna bekas lansiran 2001Istimewa Ilustrasi Daihatsu Taruna bekas lansiran 2001

Berikut ini pilihan SUV bekas di bawah Rp 70 juta per Maret 2023:
- Daihatsu Taruna 2000 : Rp 55 juta - Rp 68 juta
- Honda CR-V 2000 : Rp 65 juta
- Suzuki Escudo 2001 : Rp 62 juta - Rp 68 juta
- Nissan X-Trail 2005 : Rp 65 juta - Rp 70 juta
- Ford Escape 2003 : Rp 65 juta
- Suzuki Grand Vitara 2006 : Rp 62 juta
- Kia Sportage 2005 : Rp 69 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com