Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oyika Tambah Fasilitas SPBKLU Tahun Ini

Kompas.com - 27/02/2023, 16:47 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring perkembangan penggunaan motor listrik di Indonesia, salah satu perusahaan baterai pintar sepeda motor listrik, Oyika, akan menambah fasilitas penunjangnya.

Dalam keterangan tertulis perseroan, fasilitas dimaksud merupakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) alias swap station untuk baterai motor listrik.

Perluasan jaringan ini merupakan salah satu upaya Oyika untuk membantu mewujudkan program pemerintah pusat, daerah, dan para stakeholder dalam mendorong masifnya penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan yang Masih Kredit

Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung mendapat kesempatan mencoba sepeda motor listrik di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Motor dan sepeda listrik yang bisa dicoba antara lain Gesits GI, Rakata NX8 dan NX3, Rakata OYIKA 59, U Win, serta Fly DF-5.

“Kami akan menggandakan jumlah swap station atau stasiun penukaran baterai ini pada kuartal pertama tahun 2023,” ujar Carl Wong selaku Presiden Direktur Oyika Indonesia, Senin (27/2/2023).

Diketahui saat ini Oyika memiliki lebih dari 100 titik SPBKLU yang tersebar di berbagai kota.

Dengan penambahan fasilitas itu, maka bagi pengguna motor listrik yang berada di area Jabodetabek bisa memanfaatkan SPKLU milik Oyika yang tersedia di 112 lokasi.

Rinciannya, terdapat 45 titik di Jakarta, 17 titik di Bogor, 10 titik di Depok, 24 titik di Tangerang, dan 16 titik di Bekasi.

Sementara itu, bagi pengguna yang berada di pulau Bali, sudah terdapat 20 SPBKLU yang siap digunakan. Titik terbarunya sendiri berada di wilayah Banjar Adat Gulingan, Intaran.

Baca juga: Bugatti Punya Ahli Metrologi buat Bikin Mobil Sempurna

Nusantara Rama dan Nusantara Maju menggunakan sistem swap battery dari Oyika.KOMPAS.com/Gilang Nusantara Rama dan Nusantara Maju menggunakan sistem swap battery dari Oyika.

Setiap SPBKLU ini sudah terintegrasi dengan aplikasi Oyika. Degannya, para pengguna motor listrik akan lebih mudah menemukan titik stasiun penukaran terdekat dan memesan baterai yang terisi daya penuh.

Melalui penambahan jumlah SPBLKU, perseroan membantu mengatasi berbagai masalah utama terhambatnya adopsi sepeda motor listrik di Indonesia.

Di antaranya, kecemasan pengendara mengenai jarak tempuh kendaraan karena masih terbatasnya jumlah stasiun penukaran baterai di berbagai wilayah.

Lalu, waktu pengisian baterai yang lama. Melalui teknologi battery swap, baterai Oyika hanya perlu ditukar di SPBKLU dalam hitungan menit. Tak perlu lagi khawatir soal pengecasan.

Terlebih, dengan menggunakan teknologi ini, keamanan akan lebih terjaga. Hal ini karena baterai pintar yang dapat ditukar di swap station bisa menghindarkan Anda dari risiko kebakaran akibat mengecas daya baterai di rumah.

Baca juga: Menakar Kemampuan Chery Omoda 5 Usik Pasar Honda HR-V

Biaya pembelian baterai di muka yang relatif mahal juga bisa teratasi lewat SPBKLU karena pengguna hanya perlu menyewa baterai dengan paket berlangganan Battery-as-a-Service (BaaS) yang terjangkau.

Harga paket per bulannya hanya Rp150.000 saja. Dengan harga ini, para pemotor bisa mencapai jarak hingga 1.800 Km dalam sebulan.

Baterai ini sendiri bisa didapat melalui sistem bundle dengan sepeda motor listrik yang pilihannya sangat beragam.

Di tingkat lokal, terdapat merek motor listrik seperti Gesits, Viar, Elvindo, Selis, dan Rakata. Sementara di tingkat internasional, pemainnya ialah Niu, Smoto, dan TailG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com