Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bugatti Punya Ahli Metrologi buat Bikin Mobil Sempurna

Kompas.com - 27/02/2023, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Carscoops

JAKARTA, KOMPAS.com - Bugatti, sangat berdedikasi untuk mengejar kesempurnaan sehingga mempekerjakan ahli metrologi berpengalaman untuk memastikan mobil yang keluar dari pabrik sempurna.

Bugatti mempekerjakan ahli metrologi yakni Gregoire Haller-Meyer yang bertanggung jawab untuk mengukur dan menganalisis semua komponen untuk memastikan semua terpasang dengan sempurna.

Baca juga: Marc Marquez Yakin Suatu Saat akan Kalah dari Pebalap Muda

Haller-Meyer akan menggunakan alat ukur khusus agar semua benar-besar sempurna. Alat tersebut menggunakan kombinasi alat manual dan pemindai 3D presisi tinggi dengan akurasi hingga 0,005 mm.

Bugatti Mistral RoadsterMOTOR1.COM Bugatti Mistral Roadster

“Saya harus menemukan alasan mengapa jarak antara dua komponen menyimpang dari toleransi yang kami tentukan hanya satu milimeter,” kata Haller-Meyer dilansir dari Carscoops, Senin (27/3/2023).

“Lagipula, ini mungkin dapat menyebabkan suara yang tidak diinginkan pada kecepatan tinggi yang dicapai oleh mobil hyper sport kami,” kata dia.

Jika dia menemukan komponen yang menyimpang dalam konstruksi atau penempatannya dari ukuran yang ditentukan Bugatti, tugasnya adalah menyelidiki akar penyebab masalah tersebut.

Baca juga: Ingat, Jangan Emosi Ketika Sedang Mengemudi

Tampilan supercar Bugatti Chiron yang terbuat dari lebih dari satu juta potong komponen Lego Technic, dipajang di salah satu sudut kantor pusat Lego, Lego Campus, di Kota Billund, KOMPAS.com/GLORI K WADRIANTO Tampilan supercar Bugatti Chiron yang terbuat dari lebih dari satu juta potong komponen Lego Technic, dipajang di salah satu sudut kantor pusat Lego, Lego Campus, di Kota Billund,

Haller-Meyer kemudian akan mendiskusikan temuannya dengan para insinyur dan pengrajin Produsen mobil asal Perancis itu untuk mengganti komponen atau mengadaptasi yang sudah ada.

“Namun, pengukuran berbagai komponen dan toleransi hanyalah sebagian dari pekerjaan saya,” kata Haller-Meyer.

“Bagian lain dari pekerjaan saya menyangkut analisis data untuk menjamin dan terus meningkatkan standar kualitas kami dan untuk memastikan hasil akhir yang mutlak dari mobil hyper sport yang kami buat,” ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com