Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang dan Hujan, Pengendara Motor Wajib Waspada

Kompas.com - 10/02/2023, 16:09 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, kerap terjadi embusan angin kencang di daerah Jakarta dan sekitarnya. Kondisi ini bisa sangat berbahaya bagi para pengendara motor yang tidak waspada.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahkan menyebutkan kecepatan angin bisa mencapai 55 kilometer per jam. Bahkan, di beberapa wilayah di Jawa Barat banyak pohon yang tumbang akibat embusan angin kencang tersebut.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Naik Motor Saat Angin Kencang Bahaya Benda Terbang

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, saat berkendara dgn sepeda motor kita harus tahu jika salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan adalah faktor lingkungan, yaitu kondisi cuaca.

Kendaraan melewati jalan layang (flyover) Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/1/2019).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Kendaraan melewati jalan layang (flyover) Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/1/2019).

"Apabila ketika kita berkendara kemudian kondisi cuaca sedang tidak baik atau ekstrem, seperti hujan lebat atau angin kencang, sebaiknya jangan memaksakan untuk berkendara," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Bahkan, jika tetap dipaksakan untuk berkendara, maka keseimbangan motor akan lebih ekstra untuk dikendalikan, karena adanya dorongan angin kencang tersebut," kata Agus.

Baca juga: Seberapa Kuat Mobil Bisa Menerjang Hujan Lebat dan Angin Kencang?

Apalagi, ketika posisi motor sedang berada di atas jalan layang, di mana embusan angin biasanya lebih terasa kencang. Tentunya, akan sangat berbahaya jika tidak waspada.

Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang telah menyebabkan sebuah papan iklan atau reklame raksasa di Jalan Siliwangi, Kota Tangerang Selatan ambruk. Reklame raksasa itu roboh menimpa sebuah kendaraan roda dua yang terparkir di depan ruko di jalan tersebut, Kamis (9/2/2023).Istimewa Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang telah menyebabkan sebuah papan iklan atau reklame raksasa di Jalan Siliwangi, Kota Tangerang Selatan ambruk. Reklame raksasa itu roboh menimpa sebuah kendaraan roda dua yang terparkir di depan ruko di jalan tersebut, Kamis (9/2/2023).

Agus menyarankan, menepilah atau berhenti mencari tempat yang aman agar terhindar dari potensi bahaya tidak langsung, seperti baliho rubuh, pohon rubuh, dan lainnya.

"Area atau tempat yang tidak disarankan untuk berteduh adalah di bawah pohon besar, halte bus yang terlalu kecil, dan tempat-tempat yang berpotensi rubuh atau terbawa angin," ujarnya.

Petugas tengah menangani tiang listrik yang roboh di Jalan Raya Kalimulya, Cilodong, Depok pada Kamis (9/2/2023).KOMPAS.com/M Chaerul Halim Petugas tengah menangani tiang listrik yang roboh di Jalan Raya Kalimulya, Cilodong, Depok pada Kamis (9/2/2023).

"Jadi, sebaiknya bisa berteduh ke dalam ruko atau mall atau tempat yang aman dari terpaan angin dan hujan," kata Agus.

Jadi, dalam kondisi angin kencang berembus ketika sedang mengendarai motor, penting untuk waspada dan tidak memaksakan diri. Lebih baik cari tempat aman untuk menepi hingga kondisi mereda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com