Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Buka Pintu dan Argo Taksi Saat Ini

Kompas.com - 07/02/2023, 13:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kekhawatiran menjamurnya taksi online bakal membunuh taksi konvensional nyatanya belum terjadi. Taksi konvensional masih jadi transportasi darat yang banyak digunakan banyak orang.

Ada anggapan argo taksi konvensional lebih mahal dari taksi online karena biayanya dihitung per Km. Meski mungkin sebetulnya saat ini calon penumpang tidak tahu benar berapa argo taksi yang sebenarnya.

Baca juga: 2 Penyesalan Terbesar Marc Marquez dalam Karier MotoGP

"Sekarang kalau di layanan blue bird biasa untuk penumpang yang buka pintu tarifnya Rp 8.500. Tarif minimum (minimal order) saat ini Rp 25.000," kata salah satu sopir taksi Blue Bird kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Layanan taksi Blue BirdKompas.com/ Janlika Putri Layanan taksi Blue Bird

Sang sopir mengatakan, tarif per kilometer sekitar Rp 5.000. Harga tersebut lebih murah jika menggunakan armada taksi listrik. Saat ini Blue Bird Group menggunakan mobil listrik asal China yakni BYD tipe E6.

"Untuk tarif per kilometernya Rp 5.000. Kalau untuk taksi Blue Bird listrik mungkin lebih murah tapi beda Rp 1.000- 2.000 saja. Tapi sama saja, saya kurang tahu untuk taksi listrik bagaimana hitungannya," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono mengatakan, saat ini penggunaan mobil listrik untuk operasional taksi Blue Bird mencapai lebih dari 100 unit.

Baca juga: Ini Daftar Pelanggaran yang Bakal Ditindak Selama Operasi Keselamatan 2023

Taksi Blue Bird.Dok. Shutterstock Taksi Blue Bird.

Adapun tahun 2023, taksi yang identik dengan warna biru muda tersebut berencana menambah jumlah operasional mobil berbasis listrik.

“Tahun ini, kami akan menargetkan penambahan 200 unit mobil listrik. Mobil tersebut akan mendukung operasional layanan Blue Bird, Silver Bird, serta Golden Bird yang menyediakan layanan sewa kendaraan jangka pendek maupun solusi perusahaan yang menyediakan penyewaan kendaraan jangka panjang,” kata Adrianto.

Adrianto juga mengatakan jika penggunaan taksi listrik di perusahaan Blue Bird difokuskan untuk melayani operasional di Jakarta, Bali dan Semarang yang terdiri dari model Tesla X75D, BYD E6, BYD T3, Hyundai Kona, dan Hyundai Ioniq 5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com