Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Ninja 150 RR 2 Tak, Kapolda Metro Balapan dengan Heru Budi di Street Race Kemayoran

Kompas.com - 28/01/2023, 15:45 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meramaikan gelaran Street Race Kemayoran yang berlangsung Sabtu (28/1/2023) pagi.

Kondisi saat balapan berlangsung adalah hujan, tapi Irjen Fadil dan Heru Budi ikut turun ke aspal, saling beradu kecepatan di trek basah. Keduanya balapan dengan menggunakan Kawasaki Ninja 150RR berkelir hijau.

Mengenai motor yang digunakan Irjen Fadil maupun Heru merupakan generasi pertama Kawasaki Ninja 150RR di Indonesia. Motor tersebut hadir sejak 2002 sampai 2012, didatangkan secara utuh dari Thailand dan tidak berselang lama dirakit lokal.

Baca juga: Inden Panjang Kawasaki Ninja H2 Kerap Dimanfaatkan Pedagang

Kawasaki Ninja 150 RR generasi pertama- Kawasaki Ninja 150 RR generasi pertama

Secara spesifikasi, Ninja 150RR menggunakan mesin dua tak berpendingin cairan dengan kapasitas isi silinder 148 cc. Motor dua tak memang terkenal dengan performanya yang tinggi daripada mesin yang berukuran sama namun empat tak.

Kawasaki Ninja 150RR menghasilkan tenaga 30 TK di 10.500 rpm dan torsi 21,6 Nm di 9.000 rpm. Tenaga tadi kian lancar keluar dari mesin berkat adanya sistem Super KIPS yang menyempurnakan gas buang.

Keunikan desain dari Ninja 150RR generasi pertama ini adalah fairingnya yang sleek, mulus. Selain itu ada juga dua lubang udara di sebelah lampu depan dan dua lubang besar di sisi fairing untuk udara panas keluar.

Baca juga: Jurus Bus PO Raya Tetap Prima meski Pakai Sasis 25 Tahun


Ninja 150RR generasi pertama berakhir di 2012 lalu dilanjutkan dengan model fairing yang lebih futuristis dan mengotak. Generasi terakhir Ninja 150RR tersebut cuma sampai 2015 dan discontinue.

Sekarang, bisa dibilang Ninja 150RR merupakan motor legendaris, baik secara performa maupun desainnya yang ikonik. Harga di pasar motor bekas pun turut meningkat, apalagi dengan kondisi gress atau kilometer rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com