Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Formasi, KTM Tambah Pebalap Tes Jonas Folger

Kompas.com - 06/02/2023, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM menunjukkan ambisinya untuk bisa menjadi juara dunia MotoGP. Belum lama ini, pabrikan asal Austria tersebut menambah pebalap tes alias test rider dengan merekrut Jonas Folger.

Pebalap asal Jerman tersebut resmi menjadi pebalap tes KTM, bersama dengan Mika Kallio dan Dani Pedrosa. KTM bisa dikatakan sebagai pabrikan yang memiliki pebalap tes terbanyak.

Kallio menjadi pealap tes KTM sejak 2015. Sementara Pedrosa, sejak 2019. Lalu, ditambah Folger di musim 2023 ini.

Baca juga: Dibantu Red Bull, KTM Bikin RC16 Semakin Aerodinamis

Folger sendiri merupakan mantan pebalap MotoGP. Dia pernah meraih satu podium bersama tim satelit Monster Yamaha Tech3. Sayangnya, Folger harus keluar dari MotoGP karena mengalami sindrom Gilbert.

Pebalap Monster Yamaha Tech 3 asal Jerman, Jonas Folger, memacu motornya pada sesi latihan bebas GP Belanda yang digelar di Sirkuit Assen, 23-25 Juni 2017.MOTOGP.COM Pebalap Monster Yamaha Tech 3 asal Jerman, Jonas Folger, memacu motornya pada sesi latihan bebas GP Belanda yang digelar di Sirkuit Assen, 23-25 Juni 2017.

"Tidak banyak orang yang melihat pekerjaan yang krusial yang dilakukan para pebalap tes untuk proyek kami, tapi kontribusi mereka sangat penting," ujar Pit Beirer, KTM Motorsport Director, dikutip dari Speedweek.com, Minggu (5/1/2023).

"Itulah mengapa kami memutuskan untuk membawa Jonas ke dalam tim bersama Mika dan Dani, yang keduanya memiliki banyak pengalaman tentang motor kami dan langkah yang kami ambil," kata Beirer.

Baca juga: Pol Espargaro Dapat Tugas Tambahan dari KTM

Beirer menambahkan, KTM sudah mengenal Folger cukup baik. Meskipun tidak lama mengendarai motor KTM, tapi Folger diyakini bisa memberikan banyak masukan.

Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.motogp.com Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.

"Dia masih muda. Dia juga memiliki fisik dan gaya yang berbeda dibandingkan dengan Dani dan Mika. Itu akan membantu kami dalam pengembangan (motor)," ujarnya.

Menurut Beirer, adanya test rider saat ini sangat penting. Sebab, pebalap reguler hanya memiliki sedikit jadwal untuk melakukan pengetesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com