Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibantu Red Bull, KTM Bikin RC16 Semakin Aerodinamis

Kompas.com - 01/02/2023, 17:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM mulai fokus juga mengembangkan RC16 menjadi semakin aerodinamis. Pabrikan asal Austria ini dibantu oleh sponsor utamanya, yakni Red Bull.

Produsen minuman berenergi tersebut memiliki fasilitas canggih yang diberi nama Red Bull Advanced Technologies. Pada fasilitas ini juga tim Formula 1 (F1) yang disponsori Red Bull mengembangkan aerodinamika mobilnya.

Baca juga: Pol Espargaro Dapat Tugas Tambahan dari KTM

Pit Beirer, KTM Motorsport Director, mengatakan, hubungan kerja sama antara KTM dengan Red Bull sangat spesial. Hubungan tersebut sudah dimulai sejak proyek balap pertama KTM di 2003 dan terus berlanjut hingga sekarang.

Red Bull Advanced TechnologiesDok. Redbulladvancedtechnologies.com Red Bull Advanced Technologies

"Kami lihat bahwa kami harus melakukan sesuatu dengan pengembangan aero, dan jika Anda lihat orang-orang F1 di keluarga Red Bull, Anda bisa lihat bahwa mereka sudah menetapkan standar," ujar Beirer, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (1/2/2023).

Beirer mengatakan, sangat menyegarkan bisa membuat orang-orang Red Bull ikut terlibat. Sehingga, ada sudut pandang berbeda terhadap RC16 untuk meningkatkan aerodinamikanya, yang selama ini belum terpikirkan oleh KTM.

Baca juga: Bos KTM Sebut Pol Espargaro Mengakui Kesalahan Beralih ke Honda

Livery tim Red Bull KTM untuk MotoGP 2023 yang diperkuat Brad Binder dan Jack MillerDok. KTM Livery tim Red Bull KTM untuk MotoGP 2023 yang diperkuat Brad Binder dan Jack Miller

Sebelumnya, Beirer pernah berkali-kali memperingatkan pengembangan aerodinamika di kelas MotoGP memiliki risiko. Sebab, area ini bisa menyedot banyak uang dan memberikan dampak buruk di trek.

"Saya tidak bisa katakan berapa persentasi dari anggaran yang kami habiskan untuk aerodinamika. Tapi, dibandingkan dengan total anggaran, ini tidak besar," kata Beirer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com