Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Pebalap yang Ikut Tes Shakedown MotoGP 2023

Kompas.com - 30/01/2023, 10:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa hari jelang sesi tes shakedown MotoGP di Malaysia pada 5-7 Februari 2022, beberapa nama test rider mulai bertambah.

Tim Red Bull KTM Factory Racing memastikan menurunkan test rider andalannya, Dani Pedrosa, pada serangkaian tes shakedown MotoGP 2023 ini.

Mika Kallio juga akan hadir pada tes ini, meski penampilannya di trek masih belum dipastikan. Akan tetapi, brand asal Austria ini juga akan menurunkan kekuatan tambahan dari tangan pembalap tes barunya, Jonas Folger.

Baca juga: Kenapa Lamborghini Aventador Sering Terbakar? Ini Penyebabnya

Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.motogp.com Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.

Mantan pebalap MotoGP ini masih menjalankan serangkaian persiapan bersama KTM, demi menyambut tes tersebut.

"Kami sedang berusaha menyiapkan Jonas. Dia akan di Sepang untuk shakedown test," kata bos tim pabrikan KTM, dikutip dari Speedweek (29/1/2023).

"Kami tahu bahwa kami bisa bergantung kepada Dani, tapi jika mau Jonas juga bisa turun ke trek," tegas Guidotti.

Baca juga: Naik Toyota Veloz dari Indonesia ke China, Ini Rute Negara yang Dilewati

KTM ingin memanfaatkan tes shakedown semaksimal mungkin, sebelum menyerahkan motor barunya untuk dites para pembalap regulernya.

Masuknya Folger ini pada dasarnya memang jadi bagian rencana KTM untuk melakukan peremajaan pembalap tes. Folger direncanakan menggantikan Mika Kallio yang sekarang sudah berusia 40 tahun.

Pabrikan KTM juga bisa jadi brand dengan pembalap Eropa paling banyak di shakedown test ini. Karena selain tiga test rider-nya termasuk Folger, ada Augusto Fernandez yang ikut tes pengenalan ini karena statusnya sebagai rookie tim Gasgas Tech3.

Baca juga: PO Haryanto Luncurkan 2 Bus Baru Rakitan Karoseri Piala Mas

Aprilia saat shakedown test di SepangDok. @aleixespargaro Aprilia saat shakedown test di Sepang

Sementara itu, dilansir dari Crash (29/1/2023), Aprilia bakal menurunkan Lorenzo Savadori. Bisa dibilang ia satu-satunya pebalap reguler yang ikut serta di tes shakedown MotoGP.

Kemudian Ducati akan menurunkan Michele Pirro saja, Yamaha dengan Cal Crutchlow dan beberapa rider Jepang, serta Honda dengan Stefan Bradl dengan rider Jepang pula.

Setelah para test rider, pebalap utama akan turun semua untuk mencoba motor yang sempat dites para test rider shakedown test pada 10-12 Februari 2023.

Baca juga: Cerita Veloz Asal Indonesia Ditolak Servis di Bengkel Toyota China

Lintasan Sirkuit Sepangsepangcircuit Lintasan Sirkuit Sepang

Apakah Tes Shakedown?

Sebagai informasi, sesi tes shakedown dilakukan untuk menguji coba perangkat prototipe yang nantinya akan dipakai pebalap reguler di sesi tes pramusim utama.

Baik itu dari sisi aerodinamika, pengereman, dan elektronik semua akan dilakukan uji coba dulu oleh test rider.

Setelah tiga hari dan dinyatakan aman serta layak, maka akan dilakukan tes pada pembalap utama selama tiga hari.

Baca juga: Harga Roller dan Pulley CVT Aftermarket buat Honda PCX

Pebalap uji Honda Stefan Bradl menjajal prototipe motor 2022 Foto: Tuttomotoriweb Pebalap uji Honda Stefan Bradl menjajal prototipe motor 2022

Maka dari itu pentingnya sesi shakedown kita juga seperti memiliki 'kisi-kisi' akan terobosan apa yang dilakukan setiap pabrikan.

Meski begitu, tes shakedown MotoGP 2023 tertutup dari media, sehingga akan sangat minim informasi yang bisa kita dapatkan selama tes nanti.

Termasuk informasi mengenai terobosan apa, laptime, upgrade, dan lainnya hanya bersumber dari sosial media juga keterangan resmi MotoGP serta semua pabrikan.

Namun setelah tes shakedown selesai, update yang sudah menjalani tes evaluasi itu akan terlihat pada tes pramusim tiga hari setelahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com