Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Dibantu Mantan Bos Suzuki, Alex Rins Semakin Optimistis

Kompas.com - 26/01/2023, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Rins masuk ke tim satelit LCR Honda setelah Suzuki memutuskan untuk mundur dari MotoGP. Ternyata, salah satu bos besar di tim balap Suzuki ikut ditarik ke Honda.

Honda Racing Corporation (HRC) kedatangan personil baru, yakni Ken Kawauchi. Mantan bos di tim Suzuki Ecstar ini sebelumnya bertugas sebagai Manajer Teknis selama sepuluh tahun belakangan.

Baca juga: Alex Rins Curi Start Latihan Pakai CBR1000RR-R dan Helm Baru


Kawauchi mengambil peran dari Direktur Teknis yang ditinggalkan oleh Takeo Yokoyama, yang bertanggung jawab dalam teknologi MotoGP di HRC sejak 2016. Kawauchi diminta untuk fokus meningkatkan RC213V versi 2023.

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

Rins yang pernah bekerjasama dengan Kawauchi seperti mendapat kabar gembira. Menurutnya, Kawauchi memiliki peran penting dalam kesuksesan Suzuki di MotoGP.

"Saya sangat senang mendengarnya. Ken adalah sosok kunci dalam kesuksesan Suzuki, mengembangkan motor, dan memastikan kompetitif hingga lap terakhir," ujar Rins, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (26/1/2023).

Baca juga: Alex Rins Khawatir Tak Dapat Komponen Baru seperti Pebalap Pabrikan

Alex Rins curi start latihan dengan Superbike Honda CBR1000RR-R FirebladeInstagram @alerins Alex Rins curi start latihan dengan Superbike Honda CBR1000RR-R Fireblade

Selama Suzuki kembali ke MotoGP pada 2014 hingga 2022, tim pabrikan asal Jepang ini sudah mengoleksi 38 podium dengan tuju kemenangan di antaranya. Meski tidak sebanyak kompetitornya, tapi setidaknya Suzuki sudah berhasil menjadi juara dunia MotoGP pada musim 2020 bersama Joan Mir.

Kawauchi langsung disibukkan dengan jadwal pengetesan yang dilakukan oleh HRC. Belum lama ini, Kawauchi juga hadir dalam sesi tes di Jerez, Spanyol, bersama test rider HRC, yakni Stefan Bradl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com