Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70.000 Mobil Belum Balik ke Jakarta, Puncak Arus Balik 1 Januari 2023

Kompas.com - 31/12/2022, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang penghujung tahun baru, jumlah volume arus kendaraan keluar Jakarta terpantau masih mengalami peningkatan.

Kepala Posko Operasi Lilin 2022 Kombes Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan, berdasarkan pantauan H+7 Operasi Lilin 2022 jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta melalui empat gerbang tol utama yaitu Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama, dan Kalihurip tercatat sebanyak 1.166.000 unit kendaraan.

Sedangkan kendaraan yang masuk ke Jakarta melalui 4 GT tersebut sekitar 1.905.000 unit kendaraan.

Baca juga: Arus Lalu Lintas di Tol Cipali Naik 50 Persen Saat Puncak Natal 2022

Sementara itu, berdasarkan data yang diterima, dikalkulasikan masih ada 70.837 kendaraan atau -6 persen kendaraan yang belum kembali ke Jakarta (masih melaksanakan liburan) pada masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Bisa kita lihat kendaraan yang lebih banyak keluar itu menuju lokasi wisata atau ke tempat keluarga,” ucap Twedi, dikutip dari NTMC Polri, Sabtu (31/12/2022).

Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/1/2021). Arus balik libur Natal dan Tahun Baru di Tol Jakarta-Cikampek I dan II terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/1/2021). Arus balik libur Natal dan Tahun Baru di Tol Jakarta-Cikampek I dan II terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.

Twedi memprediksikan puncak arus balik kendaraan menuju Jakarta akan terjadi pada tanggal 1 Januari 2023.

“Prediksi arus balik ke Jakarta dimungkinkan pada tanggal 1 Januari mulai sore hari sampai dini hari,” katanya.

Twedi menambahkan, adapun untuk pantauan kepadatan arus kendaraan di lokasi Wisata sendiri terjadi di Jawa Barat.

“Sampai pagi hari ini lokasi yang lebih banyak kepadatannya di daerah Jawa barat, pertama puncak Cisarua, kemudian seputaran Lembang dan setiabudi Bandung,” kata dia.

Baca juga: Proyeksi Motor Baru Gesits Meluncur 2023

Tak lupa ia juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan perjalanan jauh keluar Jakarta atau masuk Jakarta untuk menjaga kesehatan fisik dan memastikan kesehatan kendaraan.

“Kami menghimbau jaga kesehatan fisik kemudian perhatikan dan pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik. Sehingga tidak menghambat perjalanan nanti di akhir tahun,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com