Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Berapa Interval Ganti Oli Mesin agar Terhindar dari Oil Sludge?

Kompas.com - 20/12/2022, 10:22 WIB

KLATEN, KOMPAS.com -  Ibarat darah pada tubuh manusia, oli merupakan komponen krusial pada mesin mobil. Kondisinya mempengaruhi kondisi kinerja mesin mobil, sehingga butuh perhatian khusus.

Oli mesin kerap menjadi penyebab utama terjadinya kerusakan komponen di dalam mesin. Pasalnya, kondisi oli mesin sudah tidak bagus namun pemilik mobil tidak menyadarinya.

Termasuk bila cairan pada mesin ini mengalami oil sludge, pengendapan, atau jadi lumpur. Banyak pemilik kendaraan tidak menyadarinya, sehingga menimbulkan masalah pada mesin.

Untuk menghindari oil sludge, sebenarnya berapa interval penggantian oli mesin pada mobil?

Baca juga: Begini Dampak Mengabaikan Oil Sludge pada Mesin Mobil

Sludge oli menumpuk pada bagian cylinder head karena telat servis berkalaDicky Aditya Wijaya Sludge oli menumpuk pada bagian cylinder head karena telat servis berkala

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, interval penggantian oli mesin bisa mengikuti petunjuk servis di buku servis.

“Berdasarkan buku servis, interval penggantian oli mesin dilakukan setiap 10.000 Km atau 6 bulan,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (17/12/2022).

Dia mengatakan dengan melakukan penggantian oli tepat waktu, maka diharapkan tidak terjadi oil sludge.

Baca juga: Begini Tanda Oli Mesin pada Mobil Mengalami Sludge

Oli mesin asli bisa diidentifikasi dari batch number di tutup kemasan atau leher kemasandok. Pertamina Oli mesin asli bisa diidentifikasi dari batch number di tutup kemasan atau leher kemasan

Sementara itu, Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo, mengatakan penggantian oli mesin disarankan setiap mobil menempuh jarak 5.000 Km atau 3 bulan.

“Kami menyarankan penggantian oli mesin setiap 5.000 Km atau 3 bulan, memang ini tidak sesuai dengan anjuran di buku servis, karena fakta di lapangan oli sering berkurang sebelum waktunya ganti,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Minggu (18/12/2022).

Dia mengatakan hal itu bisa terjadi lantaran tidak selalu pemilik mobil menggunakan jenis bahan yang dianjurkan oleh pabrikan.

Baca juga: Proses Terjadinya Oil Sludge pada Mesin Mobil

Mekanik bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang melakukan cek kondisi oli mesin Innova Reborn Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang melakukan cek kondisi oli mesin Innova Reborn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke