Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nataru, Ini Daftar Ruas Tol Baru yang Bakal Dibuka Fungsional

Kompas.com - 18/12/2022, 10:21 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), memastikan kesiapan infrastuktur jalan tol dan jalan nasional menjelang masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Meteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk mendukung kesiapan arus lalu lintas Nataru tahun 2022/2023, pihaknya akan mengoperasional secara fungsional tujuh ruas jalan tol baru di Pulau Jawa dan dua ruas di Sumatera.

"Seluruh jalan tol fungsional sudah siap untuk dilalui, kami serahkan kepada Bapak Kakorlantas untuk dimanfaatkan atau tidak, sesuai dengan manajemen lalu lintas di lapangan," ucap Basuki dalam keterangan resminya, Sabtu (17/12/2022).

Baca juga: Bisa Meledak, Jangan Asal Lepas Pasang Kutub Aki

Untuk daftar ruas jalan tol baru yang difungsionalkan saat Nataru sebagai berikut ;

1. Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Seksi 2 dan 3 Ranca Kalong-Sumedang, Sumedang–Cimalaka, 21 km)
2. Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Seksi 2A Jaka Sampurna–Kayuringin–Ujung, 4,8 km)
3. Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (Tahap 1 Junction Wringanom, 7,4 km)
4. Tol Semarang Demak (Seksi 2 Sayung–Demak, 16,31 km)
5. Tol Cinere-Jagorawi (Seksi 3A Kukusan–Cinere, 3 km)
6. Tol Ciawi–Sukabumi (Seksi 2 Cigombong–Cibadak, 11,9 km)
7. Tol Jakarta Cikampek Selatan (Segmen Sadang–Kutanegara, 8,5 km).

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 Kutanegara-SadangKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 Kutanegara-Sadang

Basuki mengatakan, exit tol menuju jalan industri yang semula hanya berupa tanah merah, saat ini sudah dilakukan perkerasan dan diselesaikan pada 15 Desember 2022.

"Kami tegaskan juga semua pekerjaan konstruksi di jalan tol maupun non-tol sudah kita hentikan H-10 untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru ini," katanya.

Sedangkan untuk dua ruas tol lain di luar Pulau Jawa berada di Sumatera, yakni Tol Sigli-Banda Aceh (Seksi 5 dan 6 Blang Bintang–Kutobaro–SS Baitussalam, 12,3 km) dan Tol Kuala Tanjung Tebing Tinggi–Parapat (Seksi 1 Tebing Tinggi–Indrapura, 20,4 km).

Penambahan ruas tol operasi hingga November 2022 juga diklaim sudah siap mendukung kelancaran aruas lalu lintas saat Nataru. Untuk Pulau Jawa terdiri dari :

Baca juga: Bahaya Oil Sludge buat yang Malas Ganti Pelumas Mesin

- Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Seksi 1 Cileunyi–Pamulihan, 11,4 km)
- Tol Cibitung–Cilincing (Seksi 2 dan 3 Telaga Asih–Gabus Indah–Taruma Jaya, 24,4 km)
- Tol Serpong–Balaraja (Seksi 1 Serpong–CBD, 3,9 km) sudah operasi
- Jalan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Seksi 1 A dan Koneksi Jalan Tol Wiyoto Wiyono Sisi Timur, dan Off Ramp Jatiwaringin 2 km).

Jalan Tol Binjai-Stabat yang ditargekan akan rampung pada tahun 2023Hutama karya Jalan Tol Binjai-Stabat yang ditargekan akan rampung pada tahun 2023

Sementara untuk penambahan ruas tol operasi di Sumatera, yakni Tol Sigli-Banda Aceh (Seksi 2 Selimeum-Jantho, 6,3 km), Tol Binjai Langsa (Seksi Binjai–Stabat, 11,8 km), Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu (Seksi Bengkulu-Taba Penanjung, 16,7 km), dan Tol Pekanbaru-Padang (Seksi Pekanbaru–Bangkinang, 30,9 km).

Terakhir, diimbau agar masyarakat tak hanya mengandalkan jalan tol saat Nataru, tapi juga jalan nasional yang digadang-gadang sudah dalam kondisi kemantapan 91,8 persen.

Saat ini total panjang jalan nasional 46.690 km yang tersebar di wilayah Pulau Sumatera sepanjang 7.918 km, Pulau Jawa dan Bali sepanjang 5.336,9 km, Pulau Kalimantan sepanjang 6.556,4 km, Pulau Sulawesi sepanjang 17.284,4 km, dan Pulau Nusa Tenggara sepanjang 2.792,1 dan Pulau Maluku–Papua sepanjang 6.802,3 km.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com