Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Memundurkan Mobil Manual di Jalan Turunan

Kompas.com - 12/12/2022, 16:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai mobil transmisi manual di jalan tanjakan atau menurun kerap kali menjadi hal yang sangat menantang, terutama bagi pemula.

Saat mengendarai mobil manual di jalan yang menanjak atau menurun dibutuhkan teknik yang tepat agar aman saat perjalanan.

Apalagi, jika pengendara mengalami situasi harus mundur saat melintasi jalan dengan medan yang menurun.

Baca juga: Awas, Motor Keyless Tetap Jadi Incaran Pencuri

Jika salah teknik mundur saat di jalan turunan tentunya akan membuat mobil justru maju kedepan mengikuti gravitasi.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, jika pengendara harus mampu memperkirakan derajat kemiringan jalan tersebut untuk menentukan akan menggunakan fitur atau langkah apa yang harus dilakukan.

“Lihat derajatnya dan kemampuan pengemudinya. Idealnya pakai bantuan parking brake supaya tidak meluncur turun,” kata Sony kepada Kompas.com, Senin (12/12/2022).

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Parkir Motor Jangan Sembarangan

Bagi pengendara pemula, Sony menyarankan agar kaki pengendara tidak lepas dari pedal rem. Ini agar mobil tetap seimbang sehingga tidak meluncur ke bawah lagi.

“Jadi injak rem, lepas kopling secara balance baru lepas parking brake,” kata Sony.

Kendaraan wisata mogok di tanjakan jalan alternatif Punclut, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis, (4/5/2022).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Kendaraan wisata mogok di tanjakan jalan alternatif Punclut, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis, (4/5/2022).

Sony juga menyarankan, agar lebih aman pengendara harus menjaga revolutions per minute (RPM) mesin mobil. Kecepatan mobil yang ideal saat hendak mundur di jalan turunan yakni berada di sekitar 2000 RPM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com