Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Sewa Mobil, Pastikan Unit Punya Kondisi yang Prima

Kompas.com - 12/12/2022, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mobil sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi. Apalagi menjelang liburan, biasanya untuk bepergian bahkan sekadar berwisata bersama keluarga atau berkunjung ke rumah saudara di kota lain.

Nah, menyewa mobil kerap dijadikan sebagai pilihan alternatif untuk mempermudah urusan di luar kota tersebut. Namun, perlu pilih-pilih untuk menyewa mobil, karena tidak semua mobil sewaan memiliki kondisi yang prima.

Lantas, bagaimana tips menyewa mobil yang aman?

Baca juga: MPM Rent Tambah Fitur Baru, Sewa Mobil Jadi Lebih Mudah

Bisnis rental mobil di Eropa dari Pacific GroupDOK. PACIFIC GROUP Bisnis rental mobil di Eropa dari Pacific Group

Pemilik Anang Trans Anang mengatakan tidak semua mobil sewaan memiliki kondisi yang prima, maka sebagai pihak penyewa perlu hati-hati dalam memilih mobil sewaan.

“Maunya setiap penyewa mobil pasti mendapatkan mobil sewaan yang baik dan layak pakai, biasanya pihak rental juga memastikan hal itu demi layanan yang terbaik untuk pelanggan, tapi fakta di lapangan, namanya mobil dipakai oleh banyak orang kadang kondisinya sudah tidak seperti baru lagi,” ucap Anang kepada Kompas.com, Minggu (11/12/2022).

Dia mengatakan perlu diperhatikan bila ingin menyewa mobil, terutama meminta unit yang kondisinya prima kepada pihak rental.

Baca juga: Kisaran Harga Sewa Mobil di Surabaya buat Mudik Lokal

“Minta mobil yang prima itu sangat penting, kalau perlu dipastikan secara langsung dengan melihat kondisi mobilnya, tapi kalau tidak memungkinkan cukup dengan meminta saja, dengan demikian pihak rental akan lebih memperhatikan kondisi mobil yang akan disewa,” ucap Anang.

Dia mengatakan akan lebih puas lagi, bila calon penyewa diperlihatkan bukti terakhir servis sehingga itu akan membuat penyewa merasa aman selama diperjalanan.

“Dari tanda bukti terakhir servis akan ketahuan, mobil tersebut kondisinya seperti apa, apakah ada PR atau tidak, aman atau tidak untuk dipakai, ya intinya jangan sungkan bertanya kalau mau menyewa mobil,” ucap Anang.

Baca juga: Sewa Mobil Rental Lepas Kunci, Ini Persyaratannya

Dia mengatakan dengan tanda terakhir servis maka kendaraan bisa dipastikan layak pakai, aman dan terjamin.

“Logikanya, kalau mobil rajin dirawat, pasti kondisinya tetap prima meski tidak akan sama persis dengan mobil baru,” ucap Anang.

Dia mengatakan sebagai pihak yang biasa menyewakan mobil pasti akan memastikan keamanan serta kenyamanan penyewa.

Baca juga: Jasa Sewa Mobil dan Okupansi Hotel di Mandalika Meningkat Tajam Saat WSBK

 

“Armada yang ada pasti sudah diperiksa, seperti kampas rem, kondisi ban, suspensi dan mesin, jika memang mobil tersebut layak dipakai dan aman, baru deh disewakan, itu wujud pelayanan sih,” ucap Anang.

Sementara Pemilik AD Trans Klaten Setiawan mengatakan selain perlu memastikan kondisi mobil prima, penyewa juga berhak menanyakan asuransi bila terjadi kecelakaan.

“Biasanya pihak rental akan memberikan asuransi berupa sumbangan biaya perbaikan mobil untuk kerusakan yang diakibatkan dari kecelakaan, atau asuransi bisa berupa hal lain yang diatur sesuai pelayanan yang diberikan pada masing-masing perusahaan,” ucap Setiawan Minggu (11/12/2022).

Baca juga: Bisnis Sewa Mobil Masih Jadi Tulang Punggung ASSA di Tengah Pandemi

Jadi, yang utama perlu mengkonfirmasi ke pihak rental terkait dengan kondisi mobil , bila perlu ditanyakan bagaimana riwayat servisnya biar semakin jelas terkait kondisi mobil yang akan disewa. Penyewa juga berhak menanyakan fasilitas asuransi bila terjadi kecelakaan selama menyewa mobil.

Jadi, perlu mengkonfirmasi ke pihak rental terkait dengan kondisi mobil, bila perlu ditanyakan bagaimana riwayat servisnya biar semakin jelas terkait kondisi mobil yang akan disewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com