Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka Terjadwal, Tol Semarang-Demak Diharapkan Pangkas Waktu Tempuh

Kompas.com - 14/11/2022, 17:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Tol Semarang-Demak Seksi II (Kadilangu - Sayung) dioperasionalkan sementara waktu untuk memecah kepadatan arus lalu lintas Jalur Pantura Semarang-Demak.

Seperti diketahui, jalan tol baru ini mulai dibuka pada Sabtu (12/11/2022) dan dioperasikan secara terjadwal. 

Mulai pukul 06.00-10.00 WIB, jalur dibuka dari arah Demak menuju Semarang, melalui exit Tol Kadilangu. Sore hari mulai pukul 15.00-18.00 WIB, sebaliknya jalur dibuka dari arah Semarang ke Demak via exit Tol Sayung.

Hal itu pun mendapat respon positif pengguna jalan yang melintas. Ruas jalan tol sepanjang 16,31 kilometer (km) tersebut sesuai rencana akan dioperasionalkan sementara karena ruas jalan Nasional Semarang - Demak macet setiap hari imbas perbaikan Jembatan Wonokerto.

Baca juga: Ada Perbaikan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Awas Kena Macet 

 

Tol Semarang-Demak.Dok. PT PP (Persero) Tbk. Tol Semarang-Demak.

Humas PT Pembangunan Perumahan (PT PP) Robby Sumarna mengatakan, pembukaan jalan tol Semarang-Demak sebagai jalan alternatif sesuai perintah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri PUPR. 

"Kita operasionalkan sampai 2 Desember, kemarin kita tindaklanjuti permintaan pak Gubernur dan Pak Menteri. Soalnya, setiap hari kemacetan di Wonokerto sampai berjam-jam," kata Robby kepada Kompas.com, Senin (14/11/2022). 

Baca juga: Restomod Toyota Kijang Buaya, Nenek Moyang Kijang Innova

Robby menjelaskan, kemacetan arus lalu lintas sempat terjadi pada pembukaan jalan tol hari kedua, karena arus kendaraan dari arah Demak menuju Semarang sangat padat. 

"Kemarin, operasional hari kedua sempat terjadi kemacetan karena jumlah kendaraan dari Demak meningkat signifikan. Sejak keluar di titik exit tol Sayung, kendaraan antre masuk kembali jalur utama Semarang-Demak," kata dia. 

Pembukaan tol Semarang-Demak ini ternyata bisa dinikmati  pengguna jalan. Arfendy warga Demak sengaja melewati jalan tol tersebut karena penasaran seperti apa pemandangan saat melintas. 

Kondisi Tol Semarang-Demak seksi II (Sayung-Kadilangu, Demak) dilalui pengguna jalan, Minggu (13/11/2022).Pemprov Jateng Kondisi Tol Semarang-Demak seksi II (Sayung-Kadilangu, Demak) dilalui pengguna jalan, Minggu (13/11/2022).

"Penasaran, view bagus mirip-mirip seperti Tol Bali Mandara. Jalan mulus, semoga jika sudah resmi beroperasi bisa benar-benar memberikan manfaat," kata Fendy. 

Indah pekerja di Kota Semarang mengaku, saat dibuka fungsional ini jalan tol bisa memangkas waktu perjalanan lebih dari 10 menit.

Menurut dia, ke depannya jalan tol tersebut diharapkan mengakomodir keinginan masyarakat agar mobilisasi perekonomian Semarang - Demak bisa dipercepat. 

Baca juga: Polisi Siapkan Rekayasa dan Pembatasan Lalu Lintas Selama KTT G20

"Tadi lewat bisa lumayan membantu, kalau hitung-hitungan kasar bisa 10 menit untuk perjalanan dari Demak Kota ke Semarang. Kalau sekarang Semarang-Demak 1 jam, semoga besok bisa 20 menit," kata Indah.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com