Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindah Tim Pabrikan Ducati, Enea Bastianini Mengaku Tanpa Beban

Kompas.com - 14/11/2022, 11:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP Enea Bastianini resmi bergabung di tim pabrikan Ducati pada musim 2023. Rider asal Italia itu akan tandem dengan juara dunia MotoGP 2022 Francesco Bagnaia.

Bastianini pun berkesempatan untuk menguji motor pabrikan Ducati Desmosedici pada sesi tes Valencia 2022. Hasilnya, rider berusia 24 tahun itu langsung terlihat betah di pabrik merah selama tes pasca-musim.

Ia finis di posisi ke-10 setelah menguji bagian-bagian aero terbaru, sambil mengerjakan setting Desmosedici-nya.

Baca juga: Rendering Skuter Listrik MV Agusta

“Paginya luar biasa. Saya sangat bersemangat untuk memulai hari. Pada akhirnya, itu seperti harapan saya. Saya telah berbicara banyak dengan orang-orang dari pabrik (tim) dan saya pikir kami telah melakukan pekerjaan yang hebat. Saya sangat senang tentang hari ini,” kata dia.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022

“Motornya bagus dibandingkan dengan sebelumnya. Itu sedikit lebih stabil di bagian belakang. Juga di tikungan, masuk sedikit lebih baik dan setelah itu kami juga mencoba bagian baru di aero dan mempersiapkannya,” lanjutnya.

Sebagai bagian dari tim satelit Avintia Ducati pada 2021 dan Gresini pada 2022, kepindahan Bastianini ke tim pabrikan akan membawa tekanan yang berbeda karena ekspektasi akan jauh lebih tinggi. Namun demikian, mantan juara Moto2 itu mengaku tak merasakan hal tersebut.

Baca juga: Benarkah Ban Mobil Gampang Kempis Saat Musim Hujan?

"Tidak, saya tidak merasakan ini. Tidak banyak tekanan. Pada awalnya saya melihat banyak orang bersama saya (di garasi) tetapi itu tidak menjadi masalah bagi saya,” kata Bastianini.

"Sangat mudah dan bagus untuk membandingkan perasaan saya dengan Pecco untuk memahami bagian mana dari motor yang lebih baik atau tidak,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com