Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aleix Pasrah Kehilangan Kans Jadi Juara Dunia MotoGP 2022

Kompas.com - 24/10/2022, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro resmi kehilangan peluang untuk merebut gelar juara dunia MotoGP 2022. Meski demikian, dia pun pasrah dan optimistis tahun depan akan lebih baik.

Sebelum MotoGP Malaysia 2022 digelar di Sirkuit Sepang, Aleix masih memiliki peluang, meskipun kecil. Sayangnya, dia finis di posisi kesepuluh saat balapan di Sepang.

Baca juga: Aleix Espargaro Kembali Kecewa Karena Masalah Teknis

Selisih poinnya dengan Francesco Bagnaia sudah terpaut 46 poin. Sedangkan, sisa poin yang bisa diperebutkan hanya tinggal 25 poin saja.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

"Saya sangat kecewa dengan hari ini, saya sangat sedih," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Senin (24/10/2022), yang juga sedang merayakan start ke-300 di kelas utama.

"Saya sangat bangga dengan semua orang di Aprilia, diri saya, rekan setim saya, semua orang di Noale. Apa yang kami lakukan tahun ini luar biasa, bersejarah, akan bertahan selamanya," kata Aleix.

Baca juga: Tidak Lagi Incar Juara Dunia, Bastianini Siap Geser Aleix

Aleix mengatakan, dia sedih melihat bagaimana Aprilia mengakhiri musim ini. Sebab, jika saja Aprilia mampu mempertahankan performa pada empat seri belakangan ini, maka peluang menjadi juara dunia akan terbuka hingga MotoGP Valencia.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022

"Tapi, kami benar-benar kehilangan itu, sepertinya mimpi itu terlalu besar untuk kami sekarang ini. Jadi, semoga saja kami bisa belajar tentang itu dan lebih siap lagi ke depannya," ujarnya.

Terkait di area mana RS-GP harus ditingkatkan, menurut Aleix, motor terkadang kehilangan cengkraman dan juga kekurangan tenaga. Butuh pengecekan besar pada area tersebut dan memahami apa yang terjadi.

"Ini akan sangat penting untuk di masa depan, tapi juga untuk Valencia. Saya ingin finis sebaik-baiknya di Valencia, semoga saja kami bisa menemukan sesuatu," kata Aleix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com