Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Berencana Luncurkan Motor dengan Teknologi Bahan Bakar Fleksi

Kompas.com - 21/10/2022, 17:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHonda kabarnya berencana meluncurkan produk yang memiliki spesifikasi bisa menggunakan bahan bakar fleksibel atau alternatif yang disebut ‘flexi’.

Dalam istilah kita, bahan bakar fleksibel ini identik juga dengan bahan bakar biofuel yang sudah diwujudkan pada biodiesel.

Dilansir dari Ride Apart (21/10/2022), CEO Honda Motorcycle and Scooter India Atsushi Ogata, mengatakan, pihaknya menunggu arahan dari pemerintah India sebelum menyelesaikan rencana tersebut.

Baca juga: Motor Listrik Honda U-GO Sudah Masuk Indonesia, Berapa Harganya?

Ilustrasi biodiesel B30esdm.go.id Ilustrasi biodiesel B30

“Target internal kami minimal satu model, model pertama sepeda motor berbahan bakar flexi, yang akan diluncurkan pada akhir 2024,” ujar Ogata.

Untuk diketahui, pemerintah India saat ini berencana untuk meluncurkan campuran bahan bakar etanol 20 persen di beberapa bagian negara itu, mulai April 2023.

Sebagai importir dan konsumen minyak terbesar ketiga di dunia, India sedang mencari cara untuk memadukan etanol dan minyak sayur ke dalam bensin dan solar.

Baca juga: Vivo Revvo 90 Saingan Pertalite Meluncur, Ini Daftar Harga BBM Terbaru

Tentu saja rencana pemerintah itu bakal berdampak pada peluncurkan model jangka pendan dan jangka panjang motor Honda di sana.

Ogata mengatakan, bahwa semua mesin yang ada sudah berhasil memanfaatkan campuran etanol 20 persen, jadi seharusnya tidak menjadi masalah sejauh menyangkut pengendara produknya.

Selain India, Honda telah sukses dengan penerapan bahan bakar fleksibel di Brasil. Beberapa model sepeda motor di negara Amerika Selatan itu diharapkan bisa menjadi acuan bagi India bila saatnya regulasi tersebut bergulir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com