Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DCVI Belum Siap Ekspor Kendaraan Niaga dari Indonesia

Kompas.com - 21/10/2022, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) sudah memproduksi beberapa produk truk dan sasis bus di Indonesia, tepatnya di pabrik Wanaherang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Bahkan, akhir 2022 rencananya akan ada tujuh model Mercedes Benz Truck yang dirakit di Indonesia atau berstatus CKD. Sebenarnya, dengan kemampuan tersebut DCVI bisa saja melakukan ekspor produknya ke negara lain.

Naeem Hassim, President Director PT DCVI mengatakan, memang Indonesia bisa dipilih jadi negara ekspor truk, infrastruktur sudah tepat, begitu juga lokal konten, tapi belum sekarang waktunya.

Baca juga: KNKT Ungkap Hasil Investigasi Kecelakaan Truk BBM di Cibubur

Uji kemampuan off road dengan Mercedes-Benz Axor Euro 4KOMPAS.com/Donny Dwisatryo Uji kemampuan off road dengan Mercedes-Benz Axor Euro 4

"Belum sekarang, karena kami masih lihat ke arah mana pemerintah bergerak," ucap Naeem di Jakarta belum lama ini.

Maksudnya, Indonesia saat ini baru saja meresmikan regulasi truk yang diproduksi harus Euro 4. Namun untuk langkah ke depannya, masih belum ditentukan arahnya.

"Misal ekspor Ke australia, saya rasa kenapa tidak. Tapi lihat di sana sudah Euro 6, jadi itu tantangannya," ucap Naeem.

Baca juga: Toyota bZ4X Segera Dijual Resmi di Indonesia


Teknologi Euro 2, Euro 3, bisa dibilang sudah ditinggalkan dan tidak berlaku. Oleh karena itu, kalau mau memenuhi permintaan negara lain, maka produk yang dibuat juga harus disesuaikan.

"Jadi kita harus memastikan untuk siap, produksi Euro 6, 5, dan 4. Jerman bahkan sedang membicarakan Euro 7," ucap Neem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com