Kompas.com - 12/10/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Carens yang mengaspal di Indonesia memiliki dua pilihan varian. Pertama ada yang menggunakan 1.400 cc turbo, dan satu lagi memakai mesin 1.500 cc non turbo atau naturally aspirated (NA).

Selain mesinnya yang berbeda, ternyata ada detail lain yang tidak sama antara varian 1.400 cc turbo dan 1.500 cc NA.

Pertama, dibahas dulu soal harganya, varian 1.400 cc turbo dibanderol Rp 449 juta, sedangkan yang 1.500 NA, lebih murah, yakni Rp 389 juta.

Soal performa, tentu mesin 1.400 cc turbo lebih bertenaga, tepatnya 138 TK di 6.000 rpm, dan torsi 242 Nm di rentang 1.500-3.200 rpm, memakai transmisi dual clutch 7 percepatan.

Sedangkan untuk Carens yang 1.500 cc, tenaganya 113 TK di 6.300 rpm dan torsi 144 Nm di 4.500 rpm, disambung ke transmisi IVT dengan 8 percepatan virtual.

Baca juga: Biaya Perawatan Kia Carens Turbo, Rp 600.000-an Per Bulan

Selain soal performa, ada fitur pintar yang dimiliki model 1.500 NA sedangkan yang turbo tidak punya, yakni Idling Start Stop (ISS).

Jadi ketika Carens 1.500 cc sedang berhenti dan fitur ISS aktif, maka mesin akan mati dan menyala lagi saat pedal rem tidak lagi diinjak.

Perbedaan lainnya bisa dilihat pada kabin, terutama baris kedua. Untuk model turbo, dilengkapi dengan bangku model captain, alias ada gangway di tengah bangku baris kedua. 

Sedangkan untuk 1.500 cc, model bangkunya bench seat, jadi bisa diduduki tiga orang. Namun bagi yang mau nyaman, bagian tengah bangku di Carens 1.500 cc bisa dilipat dan dijadikan armrest dengan dua cup holder.

Baca juga: Upaya Percepatan Tren Kendaraan Listrik, Pikirkan Juga Limbah Baterai

Selain hal yang disebutkan di atas, tampilan eksterior hingga fitur Carens 1.400 cc turbo dengan 1.500 cc NA tidak ada bedanya. Sebut saja lampu depan full LED dengan DRL, sampai desain pelek 16 inci dual tone yang serupa.

Fitur seperti mode berkendara, ambience light, sunroof, ventilated seat, bangku kulit, head unit layar sentuh dengan Android Auto dan Apple CarPlay wireless tetap tersedia di Carens 1.500 cc.

Jadi dengan selisih harga Rp 60 juta, lebih pilih yang mesin turbo atau NA? Silahkan coba langsung untuk tau performa kedua mesin tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.