Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balapan MotoGP 2023 Digelar 42 Kali, Ini Kata Para Pebalap

Kompas.com - 11/10/2022, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim 2023 MotoGP akan menerapkan metode Sprint Race, yakni balapan singkat yang digelar Sabtu, sebelum balapan utama yang berlangsung Minggu. Dengan kata lain, format ini menjadikan jumlah balapan menjadi dua kali lipat.

Seperti diketahui, musim depan akan menjadi rekor bagi MotoGP, karena untuk pertama kalinya dalam sejarah balapan akan digelar 21 seri. Jadwal tersebut lebih padat dibandingkan musim tahun berjalan, 2022, yang hanya 20 seri.

Dengan adanya format Sprint Race, total akan ada 42 balapan sepanjang musim 2023. Meski secara teknis balapan Sprint Race hanya digelar dengan setengah jarak normal, terbagi dua hari, Sabtu dan Minggu, namun hal ini tetap saja bisa memengaruhi fisik dan mental pebalap.

Baca juga: Tips Meminimalisir Budget Saat Konversi Motor Listrik

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu rider MotoGP Miguel Oliveira. Menurut pebalap KTM itu, format Sprint Race memberi sedikit lebih banyak tekanan untuk para pebalap.

“Format baru memberi kami sedikit lebih banyak tekanan dan akan lucu untuk memiliki banyak balapan berturut-turut dan kesempatan untuk mencetak poin dua kali di akhir pekan akan memengaruhi semua orang,” ucap Oliveira dikutip dari Crash, Selasa (11/10/2022).

Miguel Oliveira dedikasikan kemenangan di MotoGP Mandalika untuk Risman, staf hotel tempatnya menginap. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)BAY ISMOYO Miguel Oliveira dedikasikan kemenangan di MotoGP Mandalika untuk Risman, staf hotel tempatnya menginap. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

“Para pebalap harus melihatnya sebagai maraton besar dan besar dan tidak terlalu stres (di setiap balapan). Butuh waktu untuk beradaptasi dengannya,” lanjutnya.

Tak berbeda jauh dengan Oliveira, pebalap Aprilia Aleix Espargaro juga menyebutkan kalender musim depan akan sangat berat.

“Sangat sulit. Ini akan sangat menuntut fisik dan mental, dengan balapan sprint dan trek baru. Terutama di bagian akhir tahun, akan sulit untuk melakukan tiga balapan berturut-turut, dua kali, jauh dari rumah,” kata Aleix.

Sementara itu, pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins justru menjawab dengan santai dan sedikit candaan terkait jadwal balapan terbaru di musim 2023.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

“Istri saya pasti akan ganti gembok rumah dengan jadwal seperti ini dan ada balapan baru di Kazakhstan dan India. Tapi tidak, di luar gurauan tadi, menyenangkan bisa menemukan tempat baru, trek baru dan tentu akan lebih sulit jauh dari rumah, tapi ini bakal menyenangkan,” kata dia.

Baca juga: Konversi Mobil Listrik Masih Terganjal Harga

Sebagai informasi, Dorna Sport belum lama ini merilis kalender sementara MotoGP 2023. Terdapat dua seri baru yakni di Kazakhstan dan India. Balapan akan dimulai dengan MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao 24 Maret 2023.

Sedangkan untuk balapan di Indonesia sendiri, tepatnya di Sirkuit Mandalika dijadwalkan berlangsung pada 15 Oktober 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com